JAYAPURA (PT) – Pesawat Alfa Trans Dirgantara tergelincir saat mendarat di Bandara Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Rabu (12/12) pukul 08.15 WIT.

Dalam kecelakaan ini, pesawat itu membawa 7 penumpang yang terdiri dari 6 orang dewasa dan 1 orang anak-anak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ketujuh penumpang itu, diketahui bernama Martinus, Ronald, Elly, Amos, Filipus, Aser dan Epi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, sekiara pukul 06.40 WIT, pesawat Alfa Trans Dirgantara dengan pilot Tohirin yang membawa penumpang sebanyak 7 orang itu, lepas landas dari Bandara Sentani tujuan Bandara Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya.

“Pesawat Alfa Trans melakukan pendaratan di Lapangan Terbang Kasonaweja pukul 08.15 wit, namun pada saat itu cuaca sementara hujan dan landasan tergenang air, sehingga pesawat tergelincir melewati ujung lapangan terbang,” jelas Kabid Humas AM Kamal.

Selanjutnya, pilot keluar dari pesawat dan membuka pintu pesawat dan para penumpang keluar dari pesawat untuk menyelamatkan diri.

“Tujuh penumpang selamat. Hanya 1 orang dibawah ke Puskesmas Kasonaweja karena mengalami shock,” kata Kamal.

Kabid Humas AM Kamal menambahkan, berdasarkan keterangan masyarakat yang berada di bandara, pesawat tersebut saat pendaratan sudah setengah dari panjang lapangan terbang, sehingga dimungkinkan pilot tidak bisa mengendalikan pesawat tersebut, sehingga tergelincir dan keluar dari area lapangan terbang.

“Saat ini personil Polres Mamberamo Raya bersama instansi terkait serta masyarakat melakukan evakuasi pesawat ke landasan. Sementara untuk Pilot diamankan di Pos BKO Brimob Polres Mamberamo Raya untuk dimintai keterangan,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY