JAYAPURA (PT) – Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua terus menggejot persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Untuk mensukseskan even olahraga empat tahunan terakbar di Indonesia, Disorda Papua menggelar rapat Forum Discussion Grup (FGD) di Jayapura, Kamis (13/12).

Salah satunya, terkait kesiapan bidang-bidang pertandingan PON XX tahun 2020.

Asisten I Bidang Pemerintah Sekda Papua, Doren Wakerkwa, mengatakan, untuk mensukseskan PON di Papua, semua stakeholder harus bersatu padu mendukung PON XX tahun 2020.

“Semua institusi negara dan pelaku olahraga di Papua harus bersatu mendukung dan mensukseskan PON di Papua. Ini agenda Negara yang harus mendapat dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Doren juga mengingatkan peserta FGD untuk memberikan masukan dan saran untuk masing-masing bidang pertandingan PON, sehingga dari diskusi ini kita bisa merumuskan satu referensi untuk Dinas Olahraga dan Pemuda Papua menyiapkan kesiapan PON di Papua.

“Kita harapkan dari diskusi ini ada satu masukan yang baik dan kita akan rumuskan sebagai satu kebijakan untuk sukseskan PON di Papua,” katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin menambahkan, pelaksanaan PON XX 2020 di Papua digelar tersebar di 5 kota/kabupaten dan beberapa kabupaten penyangga.

Beberapa venue pun disiapkan untuk menyukseskan gelaran multieven olahraga nasional empat tahunan tersebut. Baik melalui pembangunan venue baru atau renovasi dan rehabilitasi venue yang sudah ada.

“Beberapa venue yang dibangun dengan anggaran APBN dan APBD Papua sudah berjalan, semua venue target kita bisa selesai akhir tahun 2019,” kata Daud.

Dikatakan, salah satu venue yang digenjot untuk bisa mencapai target selesai awal tahun depan adalah Stadion Papua Bangkit, yang kini sudah mencapai 91 persen.

Daud menambahakn, untuk mensukseskan PON Papua, maka acara pembukaan dan penutupan harus berjalan sukses.

Selain itu, bidang pertandingan dan pendukung lainnya.

“Kita harap dukungan semua pihak agar PON di Papua bisa berlangsung aman dan lancar,” pungkasnya.(lam/rm)

LEAVE A REPLY