JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura akan membantu korban kebakaran yang terjadi di Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura, Kota Jayapura, beberapa hari lalu.

Bahkan, Pemkot Jayapura telah menyiapkan tenda penampungan sementara dan akan mendata korban serta membantu warga yang kelihangan dokumen akibat terbakar dalam musibah itu.

Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM mengaku Pemkot Jayapura sangat prehatin kepada keluarga yang terkena musibah kebakaran dengan mendata dan menyiapkan tenda darurat di Kelurahan Awiyo.

Bahkan, Wawali Rustan Sarru meninjau langsung korban kebakaran itu dan telah mendata terdapat 25 kepala keluarga (KK) dan lebih dari 100 jiwa yang kehilangan harta benda dan dokumen milik warga.

“Kami mendata korban dan mengevakuasi mereka dengan membuat tenda darurat sebanyak 2 tenda,” kata Rustan Sarru yang juga Ketua PMI Kota Jayapura ini.

Dikatakan, selain menyiapkan tenda, Pemkot Jayapura juga memberikan pelayanan selama 1 minggu dengan menyiapkan makanan siap saji.

“Warga kami harap tetap tenang dan tidak perlu cari makan selama minggu, karena kami siapkan makanan cepat saja,” katanya.

Jika menyangkut masalah dokumen seperti Ijazah serta KTP dan Akte yang telah terbakar, Wawali Rustan Sarru meminta warga tidak perlu khawatir.

Sebab, Pemkot Jayapura akan memberikan kemudahan dan fasilitasi secara gratis kepada mereka.

“Saya minta RT/RW di Kelurahan Awiyo dan Dinas Sosial secepatnya mendata dan memberikan dokumen yang baru kepada warga korban kebakaran ini,” ujarnya.

Melihat sering terjadinya kebakaran di Kota Jayapura, Wawali Rustan Sarru mengimbau warga Kota Jayapura agarwaspada dan hati-hati dalam bekerja di rumah.

“Saya minta setiap rumah tangga menyiapkan alat pemadam kebakaran manual seperti karung goni yang di isi air dengan ember dan pasir mencegah kebakaran yang lebih besar,” imbuhnya.

Selain itu, Wawali Rustan Sarru mengajak warga Kota Jayapura untuk peduli terhadap warga korban kebakaran ini. “Bagi warga Kota Jayapura yang memiliki harta benda yang berkelebihan dapat menyisihkan sebagian untuk membantu para korban kebakaran ini,” imbuhnya. (bat)

LEAVE A REPLY