JAYAPURA (PT) – Pentingnya transportasi bagi Petani dan Pedagang Papua, maka Anggota DPR Papua, John NR Gobai bersama Yonas Alfons Nussy melakukan hearing publik dengan Kepala Deputi Usaha Damri Jayapura, Robi Mansoben di Jayapura pada akhir pekan kemarin.

Usai hearing publik, Robi Mansoben menjelaskan bahwa perlu menyediakan angkutan untuk masyarakat bekerjasama dengan BUMD, pemerintah dan Damri untuk masyarakat di wilayah yang jauh di Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Kota Jayapura.

“Selama ini saya mengamati, situasi yang berat di lapangan masyarakat Arso, Koya dan Nimbokrang yang selama ini memang situasinya sangat berat dan akhirnya Damri hadir,” kata Robi.

Diakui, jika masyarakat memang butuh adanya angkutan umum. Hanya saat ini perlu pemahaman Pemda untuk mensinergikan hal ini.

“Jadi, kita harus punya sendiri angkutan pasar. Tidak dicampuradukan dengan angkutan lain. Makanya harus disiapkan angkutan sesuai jumlah pasar atau sasaran pasar itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPR Papua, John NR Gobai mengatakan, DPR Papua mendesak agar bus Damri diaktifkan kembali khusus melayani petani dan pedagang Papua, juga pelajar dan mahasiswa di Kota Jayapura.

Apalagi, lanjut John Gobai, ada aspirasi dari masyarakat jika mereka butuh transportasi. Untuk itu, ia meminta Damri untuk menghidupkan kembali trayek Depapre.

“Taruh juga busnya satu di Depapre untuk layani mama-mama yang langsung ke pasar mama-mama. Kedua Pemprov Papua sebaiknya berikan subsidi kepada Damri agar dihidupkan kembali bus pelajar/mahasiswa di Kota Jayapura,” tandas Gobai.

Hal ketiga, legislator Papua ini meminta gubernur menempatkan Kepala Dinas Perhubungan yang tepat karena mengurus transportasi bukan hal gampang.

“Ke depan gubernur tempatkan orang di Kadis Perhubungan orang yang tepat. Paham akan perhubungan dan bukan menempatkan orang karena kepentingan politik,” tekannya.

Diakui, jika pihaknya melakukan hearing publik ini hanya semata-mata untuk bantu masyarakat, khususnya petani dan masyarakat Papua di pingggir kota. Misalnya Arso, Skamto, Depapre, dan Genyem sehingga pemprov perlu mendorong BUMD karena sudah ada Perda Pangan Lokal.

“Salah satu transportasi dalamnya adalah transporptasi. Makanya pemerintah wajib sediakan transportasi untuk produsen pangan lokal yang ada di kampung-kampung,” pungkasnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY