JAYAPURA (PT) – Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kasat Lantas dan Kapolsek Tanah Miring melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kabupaten Merauke, Senin (7/1)

Kegiatan sosialisasi stop pungli diawali oleh Kasat Lantas AKP M. Iskandarsyah, SP, SIK dan anggotanya bertempat di Perumahan Lampu Satu Indah, Kampung Lampu Satu, Distrik Samkai Kabupaten Merauke.

Dalam sosialisasi yang diikuti 15 warga ini, Kasat Lantas Iskandarsyah mengharapkan agar semua pihak berhenti melakukan pungli dan melaporkan jika mengetahui kegiatan pungli pada instansi atau aparat pemerintah, karena ke depan akan berupaya Membangun Papua Tanpa Pungli.

Di tempat terpisah, Kapolsek Tanah Miring dan anggotanya juga mensosialisasikan stop pungli tepatnya di Puskesmas Kampung Hidup Baru, Distrik Tanah Miring.

Hadir dalam giat tersebut Kapustu dr. Oktavia Sihombing beserta stafnya, Kepala kampung Hidup Baru beserta staf, Kapolsek Tanah Miring beserta anggota dan masyarakat sekitar.

Kapolsek mengajak para petugas kesehatan agar budaya pungli dihindari dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis.

“Jangan ada pungli dalam pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Selain itu, bertempat di Pelabuhan Pintu Air, Merauke juga dilakukan sosialisasi Anti Pungli oleh Kasat Polair diwakili KBO Polair Ipda Dani kepada nahkoda dan ABK serta crew kapal yang andar di Pelabuhan itu, baik kapal kargo maupun penjaring ikan.

“Jika ada pungli, segera laporkan kepada petugas agar dapat ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Dalam setiap kegiatan Sosialisasi warga masyarakat menyambut baik tindakan Kepolisian Resor Merauke yang gencar melaksanakan kampanye anti Pungli tersebut.(jul/rm)

LEAVE A REPLY