JAYAPURA (PT) – Kepolisian Sektor Abepura melakukan sosialisasi untuk pencegahan dan pemberantasan aksi tindakan pungutan liar (pungli) dan sosialisasi terkait penyebaran berita Hoax kepada warga pencucian motor Kali Acai Jalan Baru, Distrik Abepura, Rabu (9/1).

Dalam sosialisasi itu, Kanit Binmas Polsek Abepura Ipda Roedy Rubianto mengatakan, pihaknya hadir untuk menjalin silaturahmi antar warga dengan Kepolisian guna memberantas pungutan liar dan menangkal penyebaran berita hoax didalam kehidupan sehari-hari.

“Ini merupakan program Presiden Republik Indonesia yang digelorakan oleh instansi gabungan yang bergabung dalam tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), dimana jajaran Polsek perlu melakukan tindakan preemtif dan preventif sehingga jika ke depan ditemui laporan pengaduan terkait adanya unsur pidana pungli, maka akan dilakukan langkah hukum,” katanya.

Kata Kanit Binmas Roedy, pada dasarnya pihak Kepolisian menjunjung tinggi etika dalam menjaga hubungan sesama instansi, namun sesuai perintah pimpinan, maka pihaknya melakukan sosialisasi saber pungli baik di lingkungan pemerintah distrik maupun seluruh elemen masyarakat.

“Bentuk tindakan maupun aksi pungli bisa dilihat dari sisi hukum bentuknya terbagi menjadi berbagai macam contoh di institusi Kepolisian ada pembuatan SKCK yang standar biaya hanya sebesar Rp 30.000, per surat, apabila admin meminta lebih dari biaya dasar itu, maka sisanya sudah disebut tindakan pungli,” jelasnya.

Ipda Roedy mengimbau kepada warga jika menemukan pungli agar dilaporkan kepada tim Saber Pungli Kota Jayapura sehingga pihak Kepolisian bersama Tim lainnya bisa mengambil langkah-langkah hukum.

“Kami juga mensosialisasikan pencegahan berita hoax sehingga dalam menerima berita atau informasi kita harus tahu kebenarannya dulu, jangan langsung menyebarkan berita itu, karena belum tentu berita/info itu benar,” katanya.

Untuk itu, kata Roedy, perlu kerjasama warga untuk memerangi segala bentuk berita bohong baik berupa isu sara, budaya atau ujaran kebencian yang belum jelas sumbernya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY