JAYAPURA (PT) – Konselor Pembangunan New Zealand atau Selandia Baru, Mehaka Rountree mengunjungi Provinsi Papua untuk menawarkan kerjasama berbagai aspek seperti kerjasama di bidang pendidikan atau beasiswa, kesehatan, pengelolaan bencana alam dan lingkungan.

Usai menerima kunjungan konselor pembangunan New Zealand di ruang kerjanya, Kamis (10/1), Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen mengatakan, salah satu hal yang menarik dari kunjungan konselor New Zealand ini adalah pelayanan public.

“Kita mengapreasiasi adanya tawaran kerjasama ini terutama soal beasiswa bagi ASN untuk dapat mengikuti pendidikan strata dua bahasa Inggris di New Zealand,” kata Sekda Hery Dosinaen.

Menurutnya, ASN yang mempunyai kesempatan mendapatkan beasiswa di New Zealand tentunya harus mempunyai potensi. Untuk pengiriman anak-anak Papua, Pemerintah Provinsi Papua terlebih dahulu akan melakukan konsolidasi.

Namun, satu hal penting adalah adanya rencana untuk melakukan koordinasi tentang sister city atau provinsi kembar, tetapi untuk menyusun hal itu, tentunya terlebih dahulu akan dibuatkan payung hukumnya.

“Kita akan ada sister provinsi, nanti kita akan koordinasi lebih lanjut bagaimana pemerintah Papua yang juga ada apresiasi dari masyarakat akan berkunjung ke sana (New Zealand, red),” tandasnya.

Tetapi, lanjut Sekda Hery Dosinaen, pembentukan sister provinsi ini tentunya akan terbreakdown dengan berbagai aspek, tentunya diharapkan ada refrensi dari New Zealand untuk Papua terutama bagaimana mempertahankan alam tetap utuh.

”Kita akan melakukan studi banding ke New Zealand kira-kira provinsi mana yang cocok atau sesuai dengan karakter Provinsi Papua,” tandasnya.

Konselor Pembangunan New Zealand, Mehaka Rountree mengaku, kedatangannya ke Papua untuk mendiskusikan kerja sama antara pemerintah Indonesia dalam hal ini Pemerintah Papua dengan Selandia Baru.

“Saya memperoleh pembicaaran yang baik dan mendapatkan kesempatan untuk human resource development (pembangunan sumber daya manusia) dan banyak hal di mana Selandia Baru memiliki keinginan untuk berbagi dengan Indonesia khususnya Jayapura,” terangnya.

Ia mem berikan respon positif dalam membangun komunikasi dan hubungan dengan Pemerintah Provinsi Papua, dimana Selandia Baru memiliki fasilitas pendidikan terbaik di dunia berupa sekolah, universitas

“Sangat bagus jika kita bisa mendukung pembanguna sumber daya manusia di Indonesia terutama di Papua,” katanya lagi.

Ia mengkau, Pemerintah Selandia Baru memberikan kesempatan kepada putra dan putri Papua untuk memperoleh beasiswa dari pemerintah Selandia Baru untuk belajar di Selandia Baru.

“Tidak hanya kesempatan beasiswa tapi juga pelatihan, sebab Selandia Baru punya hubungan yang spesial dengan Indonesia untuk semua provinsinya termasuk Papua,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY