JAYAPURA (PT) – Sebagian besar perekaman KTP Elektronik (KTP-el) di wilayah MeePago masih dibawah 10 persen seperti Kabupaten Paniai, Deyai, Dogiyai, Intan Jaya, termasuk daerah di Laapago seperti Kabupaten Tolikara, Yalimo, Pegunungan Bintang, Puncak dan Lanny Jaya.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk mengaku, salah satu kendala yang dihadapi yang menyebabkan perekaman KTP-el di Papua masih dibawah 75 persen, karena hampir sebagian besar kabupaten di wilayah pegunungan tengah presentasenya masih dibawah 10 persen.

Bahkan, ada daerah yang perekaman KTP-elnya masih 0 persen atau sama sekali belum melakukan perekaman KTP-el.

“Jika untuk Puncak Jaya, meski masih dibawah 10 persen, tapi kami lihat pemerintah disana cukup pro aktif untuk menggerakkan masyarakat melakukan perekaman KTP-el,” katanya.

Ribka Haluk mengatakan, selama ini pemerintah di tingkat kabupaten kurang pro aktif atau kurang mendukung program nasional tersebut.

“Intinya kepala daerah (bupati), kepala kampung, RT/RW dan masyarakat harus ikut serta untuk membantu kami dari dukcapil untuk menggerakan warga dari kampung kampung yang belum melakukan perekaman KTP-el secara keseluruhan. Karena kasihan tim kami yang harus menghabiskan cukup banyak waktu hanya untuk mencari warga dan menjelaskan kegunaan dari perekaman KTP-el, ini kan memakan biaya yang lumayan banyak,” keluhnya.

Padahal, menurut Ribka, perekaman KTP-el memiliki fungsi dan kepentingan sangat banyak.

Contohnya, jika masyarakat hendak membuat jaminan kesehatan ( BPJS ) atau bantuan pendidikan buat anak. Tentunya KTP-el sangat dibutuhkan, termasuk kepentingan dalam pemilu.

“Sejauh ini saya melihat pemerintah kabupaten sama sekali belum proaktif dalam mendukung kami untuk menggerakan warga melaksanakan perekaman KTP-el,” keluhnya.

Ia menyebutkan kabupaten yang pemerintahnya cukup pro aktif dalam program ini (presentasenya diatas 90 persen) atau hampir mencapai sempurna adalah kabupaten kabupaten induk seperti Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, Mimika, Biak Numfor dan di wilayah pegunungan yakni Jayawijaya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY