JAYAPURA (PT) – Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan bersama rombongan mengunjungi Provinsi Papua untuk melihat langsung keberadaan kampus Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Papua.

Selain melihat kampus IPDN Papua, Sekda Aceh bersama rombongan juga akan melihat langsung pembangunan insfrastruktur yang bersumber dana dari dana Otonomi Khusus (Otsus) seperti pembangunan Jembatan Holtekamp.

Kedatangan Sekda Aceh bersama rombongan itu, diterima oleh Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri di ruangan Gubernur Papua, Jumat (25/1).

Usai pertemuan, Dermawan mengaku Pemerintah Provinsi Aceh berencana akan membangun kampus IPDN seperti kampus IPDN yang ada di Bumi Cenderawasih.

“Kedatangan kami ke Papua adalah untuk melihat langsung keberadaan kampus IPDN dan ingin belajar dari Papua soal keberadaan kampus IPDN Papua. Apalagi, kedua provinsi sama-sama merupakan daerah Otsus,” kata Dermawan.

Terkait rencana ini, pihaknya sudah mendapat respon positif dari Kementerian Dalam Negeri, hanya saja masukan dari pemerintah Provinsi Papua sangat diperlukan agar nantinya seluruh proses bisa berjalan dengan baik.

“Selaku Sekda Aceh, saya ingin mendengar masukan langsung dari Pemprov Papua terkait bagaimana kampus ini bisa terbangun dan proses belajar mengajar bisa berjalan sampai saat ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengaku, pihaknya sangat mendukung rencana Pemerintah Provinsi Aceh membangun kampus IPDN regional.

“Banyak hal yang sudah kami sampaikan ke Sekda Aceh,” kata Auri.

Untuk Papua, jelasnya, Pemprov Papua lebih dulu menyiapkan tempat perkuliahan sementara bagi praja IPDN, kemudian menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung (kampus) baru untuk proses belajar mengajar.

“Tak hanya sampai di situ, Pemprov Papua juga memberikan bantuan bus kepada IPDN. Ini kami sudah sampaikan ke mereka,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY