JAYAPURA (PT) – Polda Papua melaksanakan upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) kepada 7 personel Polda Papua yang berprestasi dalam pelaksanaan tugas, yang dipimpin langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi di Mapolda Papua, Jumat (25/1) Sore.

Sebanyak 7 personel yang mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa, untuk pelaksanaan di Mapolda sebanyak 6 personel dan 1 personel diupacarakan bersamaan di Mapolres Puncak Jaya.

Personel yang naik pangkat luar biasa itu, diantaranya Iptu Suriadin, SH, MH yang sebelumnya berpangkat Ipda, atas prestasi dan dedikasi dalam tugas kepolisian di bidang penegakan hukum sehingga berhasil menangkap pelaku dan barang bukti kasus tindak pidana perburuan hewan/satwa yang dilindungi di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bripka Fiktor Poceratu dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Brigadir Polisi Kepala (Bripka) dan Bripka Asop Mulyana yang naik pangkat luar biasa dari Brigadir Polisi lantaran keduanya berhasil menangkap tersangka Iwan alias Fan Love (38) di Rusunawa Uncen Perumnas III atas kepemilikan senjata api milik Polri jenis Revolver.

Begitu juga Bripka Arief Surya Sumahendra dinaikan pangkat luar biasa dari Brigadir Polisi. Ia menjadi korban penembakan KKB pada 31 Desember 2014 dibagian punggung dan peluru sempat bersarang ditubuh saat bertugas di Polres Paniai.

Selain itu, Bripka Frans Yos Dumapa dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol dimana saat bertugas di Polsek Sinak Polres Puncak Jaya mendapat serangan dari KKB pada 27 Desember 2015 pukul 20.00 wit, berhasil selamat dan 3 personel lainnya gugur.

Brigpol Ryan Danutirta naik pangkat luar biasa dari Brigadir Polisi Satu (Briptu) dimana ketika bertugas di Polsek Sinak Polres Puncak Jaya mendapat serangan dari KKB pada 27 Desember 2015 pukul 20.00 wit, berhasil selamat dan 4 personel lainnya gugur.

Brigpol Ricci Devva Ronllando baik pangkat luar biasa dari Briptu ke Brigpol ketika bertugas di Bag Sumda selama 11 Tahun tidak pernah melakukan pelanggaran dan ikut menumpas KKB di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi langsung menyematkan tanda pangkat kepada personel yang naik pangkat luar biasa itu.

Kapolda mengatakan, pimpinan tertinggi Polri sangat bangga dan mengapresiasi bagi anggota yang bertugas dengan baik dan loyalitas tinggi dengan prestasi yang membanggakan.

“Ada 6 anggota yang mendapatkan penghargaan KPLB dan diupacarakan di lapangan ini dan 1 anggota diupacarakan di Mapolres Puncak Jaya dengan maksud dapat memotivasi anggota yang lain. Patut dicontoh perbuatan yang telah dilakukan anggota yang berprestasi, diharapkan dapat memacu anggota yang lain untuk mendapatkan prestasi sebanyak mungkin,” kata Kapolda.

Untuk itu, ia menyampaikan teirma kasih dan penghargaan yang tinggi kepada 7 anggota dari jajaran Polda Papua karena dapat mengharumkan nama Polda Papua.

“Ini adalah penghargaan dari institusi kita (Polri) kepada seluruh anggota Polda Papua yang berprestasi, yang telah menunjukkan kinerja yang baik kepada masyarakat yang salah satunya anggota yang terkena tembak di Kabupaten Puncak Jaya beberapa tahun lalu,” ujar Kapolda Sormin.

Kapolda mengharapkan kepada anggota selama menjadi Polisi untuk melayani masyarakat dengan baik dan penuh tanggung jawab, dan menjadi Polisi yang profesional dan terpercaya.

“Atas nama pribadi dan selaku pimpinan Polda Papua saya ucapkan selamat atas kenaikan pangkat luar biasa, atas dedikasi yg telah anda berikan kepada institusi Polri yang kita cintai ini,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY