JAYAPURA (PT) – Edi Swasono secara aklamasi menjadi Ketua Umum Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Papua.

Edi Swasono yang kini menjabat Direktur Reskrim Khusus Polda Papua, merupakan calon ketua tunggal dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang berlangsung di ruang pertemuan KONI Papua, Sabtu (26/1).

Karena hanya ada satu calon, peserta yang terdiri enam pengurus cabang Judo se Papua yakni Kabupaten Jayapura, Mimika, Sarmi, Mamberamo Raya, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, akhirnya sepakat menunjuk Edi Swasono sebagai ketua PJSI Papua masa bhakti 2018-2022.

Bert Sibi selaku Anggota Formatur kepada awak media di sela-sela penutupan, mengatakan diperkirakan Maret 2019 harus dipastikan SK kepengurusan sudah harus keluar, karena ini juga terkait pembiayaan TC terpusat dan berjalan nantinya.

Terpilihnya Edi Swasono, katanya merupakan langkah yang tepat untuk pembinaan atlet di daerah-daerah lain di Papua. Mengingat potensi Judo di Papua memiliki peluang mendapatkan atlet.

“Hasil ini akan kami sampaikan ke PB Judo dan kami akan susun kepengurusan baru secepatnya. Apalagi, beliau siap memimpin Judo dan serius, saya di bimpres Judo sangat mendukung penuh kepemimpinan pak ketua untuk menyukseskan prestasi Judo di PON 2020,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya ingin prestasi Judo bisa lebih meningkat lagi di masa yang akan datang.

“Ini menjadi tantangan bagi pengurus Judo berikutnya untuk meningkatkan prestasi olahraga Judo Papua baik di Popnas maupun PON Nanti,’’ katanya.

Masih menurutnya, PJSI Papua sudah menyiapkan atlet untuk POPNAS tahun ini.

“Kami target juara umum di POPNAS dicabor Judo karena kita tuan rumah, dan ada 14 kelas nanti dipertandingkan,” harapnya.

Sedangkan di PON 2020, Ia mengakui sebanyak 22 atlet disiapkan, dimana 2 nomor beregu putera/putri.

Satu nomor campuran kelas bebas, 8 perorangan putera dan 8 nomor perorangan putri.

“Target kami karena ada suplay dari 1 atlet sewaktu di Jabar, dan ada dua atlet kita yang disiapkan ikut pelatnas. Jadi kalau bicara target kita pastikan dua medali emas karena melihat potensi atlet kita menjanjikan sekali,” imbuhnya.(lam/rm)

LEAVE A REPLY