JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota Jayapura terkait penerapan noken bagi masyarakat yang berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan menggantikan kantong plastik.

Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan, kebijakan Pemkot Jayapura perlu diapresiai dan didukung oleh seluruh masyarakat, karena memiliki tujuan positif.

“Kebijakan itu mengurangi sampah plastik dan merupakan upaya menjaga kebersihan terutama dari dari sampah plastik,” katanya.
Ia tekankan, selama kebijakan yang memberikan dampak baik tentu akan mendapat dukungan. Meskipun demikian, dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan dari dalam diri sendiri, tanpa harus menunggu ada aturan atau teguran.

“Kebersihan harus dimulai dibiasakan mulai dari lingkungan rumah masing-masing, baru diterapkan ke wilayah yang lebih luas. Jangan lakukan sesuatu karena takut atau karena ada aturan, harus ada kesadaran dalam diri kita masing-masing,” ujarnya.

“Tapi, intinya Pemprov tetap apresiasi langkah-langkah pemerintah kota terhadap penanganan atau pengurangan sampah plastik,” tambahnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY