JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua, Gerius One Yoman mengatakan, pembangunan Jembatan Holtekamp dan ruas jalan Ring Road dipastikan sudah rampung pembangunannya pada bulan Maret 2019 ini.

Bahkan, kata Gerius bahwa Presiden Jokowi direncanakan bakal meresmikan pembangunan Jembatan Holtekamp dan Ring Road tersebut.

“Pada saat Presiden Jokowi melakukan kampanye di Papua juga sekaligus akan meresmikan Jembatan Holtekamp dan Ring Road ini,” ungkap Gerius kepada wartawan disela-sela meninjau pembangunan Ring Road dan Jembatan Holtekamp, Selasa (29/1/2019).

Ia menyebutkan bahwa total alokasi anggaran pembangunan Jembatan Holtekamp yang bersumber dari dana APBN dan APBD Provinsi Papua sebesar RP.1,6 triliun.

“Tahun 2018, Pemprov Papua mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 miliar dan APBN Rp 200 miliar. Ya, publik tau akan hal ini,” terangnya.

Menurutnya, anggaran pembangunan Jembatan Holtekamp ini seluruhnya bersumber dari APBD Provinsi Papua dan APBN.

Sementara, Pemerintah Kota Jayapura lewat Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura hanya mengalokasikan anggaran untuk pembongkaran gunung.

Mengenai pemberian nama untuk Jembatan Holtekamp, kata Gerius semua pihak harus duduk bersama untuk pemberian nama jembatan nama tersebut.

Tentunya pemberian nama tersebut tidak ada unsur kepentingan tertentu, sebab pemberian nama tidak bisa nama sembarang.

“Nama jembatan ini tidak bisa keluar dari aslinya. Siapapun yang punya kepentingan tidak boleh sebut nama sembarang, namanya akan ditentukan Gubernur Papua karena sumber pembiayaannya jelas,” tegas Gerius.

“Perlu dikoordinasikan untuk pemberian nama jembatan, jangan masyarakat dibuat bingung, karena ada yang kasih nama Jembatan Jokowi, Jembatan Papua Bangkit atau Jembatan Merah,” tambahnya.

Sekedar diketahui, usai meninjau lokasi Jembatan Holtekamp, rombongan Kadis PUPR menemui masyatakat yang melakukan pemalangan ruas jalan masuk ke jembatan.

Masyarakat menuntut ganti rugi atas pembayaran hak atas tanah tersebut yang belum diselesaikan oleh Pemerintah Kota Jayapura. (rm)

LEAVE A REPLY