JAYAPURA (PT) – Sebanyak 13 orang pejabat fungsional di jajaran Pemerintah Provinsi Papua dilantik oleh Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, Selasa (29/1).

Mereka dilantik sebagai penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah Auditor dan Arsiparis di lingkungan Pemprov Papua.

Pelantikan itu, disaksikan Kepala Inspektorat Anggiat Situmorang. Mereka yang dilantik, terdiri dari 10 orang pengawas dan 3 orang auditor.

Dihadapan 13 pejabat fungsional, Sekda Hery Dosinaen mengatakan, pelantikan pejabat fungsional masih akan dilakukan sehubungan dengan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Selama ini banyak jabatan struktural, tapi seolah-olah kita tutup mata dan mengabaikan pejabat fungsional yang seharusnya mempunyai tugas sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Mereka ini yang nanti akan kita rekrut dan kita lantik, karena saat perampingan, juga ada pejabat Struktural yang tereduksi, dan dibutuhkan pejabat Fungsional untuk mengawal Pemerintahan ini,” ujar Sekda Hery Dosinaen.

Sekda Hery Dosinaen meminta para pejabat fungsional yang baru dilantik untuj bekerja dengan sungguh-sungguh serta memegang teguh janjinya sebagai ASN untuk mengawal, melindungi, membentengi, mempemperisai Pemerintahan di Papua agar berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Papua, Anggiat Situmorang mengakui pejabat fungsional mempunyai kelebihan dibandingkan pejabat struktural, dimana seorang pejabat fungsional mendapat penghargaan berupa kenaikan pangkat sesuai kinerja yang bersangkutan, peran pejabat fungsional juga disebut lebih banyak dibanding struktural.

“Dan sejak tahun 2009 banyak pejabat fungsional yang ada di Pemerintahan Daerah, tapi belum diefektifkan. Dengan pelantikan ini, kita harapkan fungsional bisa lebih diefektifkan sehingga yang diharapkan Sekda tadi, Pemerintahan bisa berjalan dengan itu bisa tercapai,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY