JAYAPURA (PT) – Seluruh Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua diharapkan untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Asosiasi DPRD Kabupaten Se-Indonesia di Jakarta, 8-10 Februari 2019.

Ketua Komisariat Wilayah Asosiasi DPRD se Papua, Terius Yigibalom mengatakan, di seluruh Indonesia tercatat ada 17 juta orang anggota DPRD.

Kegiatan yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi ini akan juga dihadiri sejumlah menteri dengan diisi sejumlah kegiatan penting dari Dewan Pimpinan Nasional.

“Akan dilakukan peluncuran Pemilu damai. Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Kapolri akan hadir maka kami minta adanya keterlibatan dari semua angota DPRD,” ujarnya.

Selain itu, acara ini juga sebagai bentuk apresiasi anggota DPRD kepada Presiden RI diakhir jabatan.

Jokowi dinilai telah mengakomodir beberapa kepentingan anggota dewan dengan mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait hak anggota dewan.

“Kami yang langsung berhadapan dengan masyarakat, sehingga pertemuan dengan presiden banyak masukan yang diberikan dan juga didengar, maka anggota dan ketua DPRD harus hadir, kami harapkan Sekretaris Dewan memfasilitasi ini, kami juga meminta adanya keterlibatan kepala daerah untuk hadir,” ujarnya kepada Papua Today lewat telepon selulernya.

Pada kegiatan itu, ada juga penyerahan revisi Permendagri Nomor 62 tahun 2017 dan revisi PP Nomor 84 Tahun 2018, terkait kendaraan dinas dan pejabat negara dan daerah yang harus disetarakan.

“Maka dalam momentum ini, harus semua hadir,” katanya.

Salah seorang Anggota DPRD Deiyai Mesak Edowai mengatakan, pihaknya memberi apresiasi atas dibentuknya asosiasi ini.

“Kami meminta agar asosiasi dapat memberikan penghargaan dan wadah untuk meningkatkan kualitas para anggota dewan di Papua,” imbuhnya. (rm)

LEAVE A REPLY