SURABAYA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH memperoleh penghargaan Golden Award SIWO PWI, dalam kategori Gubernur Peduli Olahraga.

Penghargaan Golden Award itu langsung diterima Sekda Papua, TEA. Hery Dosinaen mewakili Gubernur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/2/2019) malam.

Golden Award SIWO PWI diberikan dalam rangkaian Hari Pers Nasional yang puncaknya akan digelar di Grand City Surabaya, Sabtu, 9 Februari 2019.

Selain Gubernur Lukas Enembe, sejumlah tokoh peduli olahraga juga memperoleh penghargaan Golden Award dalam kategori berbeda.

Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sekda Papua Hery Dosinaen kepada wartawan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Siwo PWI yang sudah memberikan penghargaan kepada Gubernur Papua atas kepeduliannya terhadap olahraga di Bumi Cenderawasih.

Menurut Sekda, Siwo PWI juga telah mengetuk hati para penyelenggara pemerintah dan seluruh masyarakat Papua untuk peduli kepada olahraga.

“Olahraga menyatukan bangsa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Kepedulian Gubernur terhadap olahraga, kata Sekda, Gubernur telah berjuang untuk Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020.

“Mudah-mudahan dengan PON XX tahun 2020, Papua lebih bisa dan percaya, dari ufuk yang paling timur, kami siap untuk melaksanakan PON dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Sementara Ketua SIWO PWI Pusat AGWA Ariwangsa mengatakan, acara Golden Awards tahun ini sangat istimewa karena momentumnya disemangati sukses Indonesia, sebagai tuan rumah dan pencapaian prestasi atlet Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Khusus untuk pencapaian prestasi, Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2018 dengan raihan 31 medali emas, serta berada pada posisi lima besar Asian Para Games dengan torehan 37 medali emas.

“Dan momentum menjadi tuan rumah Asian Games ini belum tentu akan terulang kembali hingga 50 tahun ke depan,” kata Ariwangsa.

Diketahui, penerima penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 di seluruh kategori untuk umum dan disabilitas. (lam/rm)

LEAVE A REPLY