JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua akan melakukan sosialisasi penilaian potensi dan kompetensi (talent pool) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka pendekatan pelayanan kepegawaian di Provinsi Papua.

“Oleh sebab itu, kepala OPD diminta untuk menugaskan pejabat eselon IV yang membidangi kepegawaian untuk mengikuti sosialisasi penilaian potensi dan kompetensi ASN,” katanya, Senin (11/2).

Elysa Auri mengatakan, hal ini sebagai komitmen Pemprov Papua untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian dan pengembangan SDM terhadap seluruh ASN di lingkungan Pemprov Papua, sehingga terus berkembang ke arah yang lebih baik.

“Talent pool ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi untuk sistem kaderisasi penempatan calon pejabat di daerah dengan prinsip objektif, akuntabel, dan independen serta berbasis sistem merit,” jelasnya.

Dengan sosialisasi ini ASN dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya.

Database Talent Pool ini dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, dan berbasis marit serta menjadi acuan untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi kearah yang lebih baik.(ing/rm)

LEAVE A REPLY