JAYAPURA (PT) – Provinsi Papua rencananya akan meminjam alat-alat olaharaga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, peminjaman alat-alat olahraga itu telah disetujui, namun masih ada kendala, sehingga belum ada kejelasan.

“Alat-alat olahraga digunakan pada Sea Games ada yang meminjam, sehingga belum diserahkan ke Papua,” kata Lukas Enembe.

Mengenai Instruksi Presiden (Inpres) PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI tahun 2020 di Papua, Gubernur Enembe mengaku, akan dikeluarkan pada April 2019.

Gubernur Enembe mengatakan, finalisasi pembahasan Inpres Nomor 10 Tahun 2017 dengan kementerian terkait sudah selesai dilakukan, sehingga Papua sedang menunggu keluarnya Inpres baru.

“Karena sudah selesai, maka Kemenpora akan serahkan itu ke kantor kepresidenan, untuk ditandatangani presiden,” kata Enembe.

Menurutnya, Inpres PON yang pertama dikeluarkan banyak kekurangan, sehingga Papua mengusulkan harus ada revisi agar kementerian lembaga bisa membantu dalam hal pembangunan venue.

“Inpres awal memang banyak kekurangannya, yang mana kementerian lembaga tidak bisa membantu membangun venues. Makanya kami usulkan untuk dibuat baru,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY