JAYAPURA (PT) – Sektor pendidikan menjadi komitmen untuk terus digenjot di era kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE,MM pada periode kedua.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengungkapkan, sesuai dengan motto Lukas Enembe, SIP, MH – Klemen Tinal, SE, MM (LukMen) periode kedua adalah “Kita Papua harus menjadi mayoritas secara kualitas, kita boleh minoritas secara kuantitas”.

“Jumlah kita hanya 3 juta, tapi secara kualitas generasi Papua harus menjadi mayoritas, Papua bisa. Sekarang kita konsisten dan komitmen dalam periode kedua pendidikan yang kita genjot,” kata Wagub Klemen Tinal.

Menurutnya, kata kunci supaya Papua mayoritas adalah harus sekolah. Oleh sebab itu, Pemprov Papua secara terus membenahi fasilitas pendidikan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

“Kata kuncinya hanya sekolah, Kita harus membenahi sektor pendidikan agar kita hebat seperti fakultas kedokteran harus bagus dengan begitu semu anak-anak yang kuliah hasiknya akan luar biasa,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengaku, salah satu langkah meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Papua ialah dengan meningkatkan kualitas guru.

“Peningkatan kualitas guru sangat penting, selama ini kita telah melakukannya melalui pelatihan terhadap guru maupun kepala sekolah,” terangnya.

Ia menyebut upaya peningkatan kulitas guru di Papua telah berhasil mendorong para siswa dan siswi untuk lebih berprestasi, dimana tahun ini jumlah siswa dan siswa yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengalami peningkatan. (ing/rm)

LEAVE A REPLY