JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menyatakan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, Papua harus masuk dalam posisi lima besar.

Oleh karena itu, dituntut lebih efektif mengelola waktu yang tersisa untuk bekerja lebih aktif dan efisien mempersiapkan cabang olahraga dan nomor yang dipertandingkan pada PON nanti.

Demikian disampaikan Gubernur Papua dalam sambutan tertulis yang disampaikan Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Daud Ngabalin pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koni Papua di Jayapura, Jumat, (1/03/2019) malam.

Menurut Gubernur, kehormatan suatu daerah di tingkat Nasional salah satunya ditentukan oleh prestasi olahraga dari para atletnya yang meraih medali emas, perak dan perunggu pada multi event empat tahunan tersebut.

Dengan demikian, diperlukan adanya perhatian yang serius dalam rangka pembinaan prestasi atlet Papua.

Gubernur mengakui, Koni Papua telah melakukan evaluasi secara konprehensif terkait dengan kemajuan dan kegagalan kita pada PON yang sudah kita lalui, maka untuk memantapkan persiapan, kita perlu dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk menyatukan persepsi dan program kegiatan tahun 2019 menuju PON XX tahun 2020.

“RAP Koni ini guna koordinasi dan konsultasi dengan cabang olahraga, anggota Koni kabupaten dalam rangka menyatukan konsep pembinaan prestasi atlet, penyiapan peralatan khusus latihan, disiplin atlet dan pelatih, serta sarana dan prasarana latihan dan pertandingan,” katanya.

Dikatakan, demi kebanggaan Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020, maka diperlukan satu visi dan misi kita bersama, bersatu, bekerja menata pembinaan prestasi atlit Papua secara konprehensif untuk mengangkat harkat dan martabat daerah Papua menuju “sukses PON XX dan Sukses Prestasi”.

“Marilah kita songsong PON XX tahun 2020 sebagai tuan rumah yang baik, memperkenalkan Papua yang unik baik budayanya, tarian, ukiran dan keindahan alamnya menjadi pesona tersendiri bagi kontingen yang datang dari berbagai provinsi di indonesia,” tandasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY