JAYAPURA (PT) – Wakil Ketua Koni Pusat, Suwarno berharap pemerintah dan koni Papua segera putuskan cabang olahraga (Cabor) dan nomor pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Penegasan dan harapan itu disampaikan Suwarno pada Rapat Tahunan Anggota (RAT) Koni Papua di Jayapura, Jumat, malam.

Menurutnya, cabor dan nomor pertandingan PON seharusnya diputuskan dua tahun sebelum pelaksanaan PON, dan sebelumnya diputuskan sebanyak 59 cabor, dan usulan Papua 38 cabor ditambah 12 cabor eksebisi PON Jawa Barat.

Namun, dalam perjalanan Koni Papua menyampaikan pengurangan cabor terkait keterbatasan anggaran.

“Harapan kami mestinya PON di Papua bisa pertandingkan 49 cabor, dan cabor segera diputuskan karena ini terkait dengan provinsi lain dalam kesiapan atletnya,” ujar Suwarno.

Suwarno berharap, dalam RAT Koni Papua ini, bisa diputuskan berapa cabor dan nomor yang akan dipertandingkan pada PON XX tahun 2020 Papua.

“Mudah-mudahan cabor dan nomor bisa diselesaikan dana RAT Koni Papua ini,” pungkasnya.

Terkait dengan kesiapan atlet Papua menuju PON XX di Papua, kata Suwarno, Koni Papua harus manfaatkan sisa waktu yang ada.

“Saya harap waktu sisa harus dimanfaatkan dengan baik oleh Koni Papua untuk mempersiapkan para atletnya, karena keinginan Pemerintah Papua sudah sangat jelas, Papua harus masuk rangkin lima besar di PON,” jelasnya.

Suwarno juga mengimbau kepada Koni Papua terkait mutasi atlet, untuk segera diselesaikan dengan daerah asal atlenya, sehingga pada saat pertandingan di PON nanti, tidak menjadi masalah.

“Kalau ada mutasi atlet, segera diselesaikan, sehingga kedepan tidak ada masalah lagi,” pesannya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY