JAYAPURA (PT) – Pembangunan Jembatan Hamadi-Holtekamp sudah mencapai 100 persen dan akan segera dilakukan peresmian oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo akhir bulan Maret 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua, Gerius One Yoma mengakui, pembangunan jembatan ikon Kota Jayapura ini sudah 100 persen dan akan segera dilakukan peresmian oleh Presiden Joko Widodo.

“Pekerjaan fisik maupun keuangan sudah selesai, siap diresmikan. Kapan saja agenda kerja Presiden ke Papua,” ungkap Kadis PU usai meninjau jembatan Hamadi-holtekamp, Jumat (8/3).

Dikatakan, pembangunan jembatan yang lakukan oleh PT. PP (Persero) secara fisik dan keuangan sudah selesai sesuai dengan aturan.

“Jadi, harapan kami Presiden Jokowi akan meresmikan jembatan akhir bulan, sekaligus Jokowi akan melakukan star kampanye Pilpres dari tanah Papua,” ujarnya.

Kadis PU menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Jokowi selama lima tahun ini menaruh perhatian serius untuk pembangunan di Papua.

Terkait dengan acara peresmian, katanya, akan dikoordinasikan lagi, apakah nanti PT. PP yang menangani semuanya atau ada kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Papua.

Sementara itu, Site Manager PT. PP (Persero), Supardi mengakui jika pembangunan jembatan ini sudah 100 persen selesai. Pekerjaan yang sekarang ini, tinggal pembersihan dan beberapa item yang perlu finishing saja.

“Jika bangunan jembatan Hamadi – Holtekamp sudah selesai, tinggal pembersihan saja. Pada prinsipnya PT. PP siap apabila dalam bulan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Terkait dengan pembangunan jalan penghubung ke arah Holtekamp, Supardi mengakui ada sedikit kendala dalam tiga minggu ini, akibat pemalangan dari masyarakat adat.

“Memang ada pemalangan, tapi saya dengar itu hari Senin sudah dibuka dan pekerjaan bisa dilanjutkan kembali,” katanya.

Ditambahkan, sesuai dengan kontrak kerja, pembangunan ini akan selesai bulan Agustus 2019, tapi progresnya bisa lebih cepat.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH berharap, Stadion Papua Bangkit yang akan dipakai untuk PON nanti, diresmikan oleh Presiden Jokowi.

“Kita berharap presiden Joko Widodo dalam kunjungannya bulan Maret di Jayapura akan meresmikan stadion itu dan Jembatan merah Holtekam,” ujar Lukas Enembe baru-baru ini.

Menurutnya, rencana kunjungan Presiden Joko Widodo di Papua ada dua agenda yakni peresmian proyek yang pembangunannya didanai APBN dan kegiatan kampanye Pilpres.

Lukas berharap, peresmian stadion yang akan selesai pada Maret 2019 ini bisa dihadiri Jokowi.

“Kami belum mendapat tanggal dan hari kunjungannya. Nanti kalau sudah pasti tanggalnya, saya mau persiapkan seluruh bupati untuk ikut hadir saat kampanye capres itu,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY