JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar nikah dan sidang itsbat masal bagi warga kota yang beragama Muslim di AUla Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (6/3).

“Nikah dan sidang itsbat massal ini adalah bentuk perhatian pemerintah dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang beragama Islam,” kata Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan di nikah massal itu.

Wali Kota BTM menjelaskan, program ini rutin dilakukan Pemerintah selama masa kepemimpinannya. Program ini khusus bagi masyarakat yang kurang mampu, namun sudah ingin menikah.

“Pasangan suami istri ini sudah sah oleh agama dan sudah tercatat oleh pemerintah, maka dua hal ini sudah sah menurut aturan dan sah menurut agama. Pesan saya kepada umat Muslim, agar menjaga kebersihan di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Merlan Uloli mengakui tahun ini sebanyak 77 murni nikah atau ijab qobul dan 16 pasangan yang itsbath massal.

Merlan mengungkapkan, jika selama masa kepemimpinan BTM masyarakat muslim yang sudah dinikahkan mencapai 903 pasangan.

“Tentunya jumlah ini akan terus bertambah mengingat masa jabatan Wali Kota masih 3 tahun lagi. Program ini sangat bermanfaat bagi warga, agar tidak ada lagi yang kumpul kebo atau nikah dibawah tangan,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY