JAYAPURA (PT) – Persipura Jayapura dipastikan bakal mengungsi untuk Liga 1 2019. Hal itu terjadi karena Stadion Mandala Jayapura akan direnovasi bulan Juni 2019, dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Girius One Yoman, mengatakan bahwa Stadion Mandala Jayapura akan direnovasi total pada Juni 2019.

“Kita renovasi total. Rumput semua kita ganti. Drainase lapangan pun kita perbaiki semua,” kata Girius Yoman usai meninjau pembangunan jalan ring road dan jembatan Hamadi – Holtekamp, Jumat sore.

Dikatakan, proses renovasi Stadion Mandala Jayapura diperkirakan selesai tahun depan. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada manajemen Persipura untuk segera mencari stadion lain untuk home base sementara.

Yoman menyebut, renovasi Stadion Stadion Mandala akan menggunakan dana anggaran dari Pemerintah Provinsi Papua.

“Dana yang kita ajukan sudah sudah disetujui oleh DPR Papua dan masuk dalam APBD tahun anggaran 2019. Bulan Mei itu sudah mulai pekerjaan pemugaran stadion,” ujarnya.

Selain Stadion Mandala, kata Yoman, Pemprov Papua juga akan melakukan renovasi GOR Cenderawasih Jayapura, GOR Waringin Kotaraja dan Auditorium Universitas Cenderawasih.

Sementara itu, Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano yang ditemui wartawan usai membuka turnamen Koteka Cup belum lama ini, mengatakan pihaknya mengincar Stadion Barnabas Youwe atau Stadion Papua Bangkit untuk markas sementara.

“Intinya Persipura tidak mau bermain di luar Papua. Sementara ini berkoordinasi dengan pengelola Stadion Barnabas Youwe di Sentani,” ungkap BTM, sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura ini.

Disinggung soal lapangan Mimika Sport Center, BTM mengaku akan dilihat lagi, apakah layak dan memenuhi regulasi Liga 1 atau tidak.

“Pada intinya kita akan bangun koordinasi dengan Pemkab Jayapura maupun Pemprov Papua untuk Stadion Papua Bangkit,” imbuhnya.(lam/rm)

LEAVE A REPLY