JAYAPURA (PT) – Pendidikan merupakan hal yang terpenting bagi anak-anak usia dini untuk meraih masa depan yang cerah, terutama anak-anak yang berada di perbatasan yang masih sangat minim dan harus mendapatkan fasilitas pendidikan.

Untuk itu, Satgas Pamtas TNI Yonif PR 328/DGH, Pos Skamto yang dipimpin oleh Serda Sigit mengajarkan murid-murid SD Inpres Yowong untuk membaca dan menulis, Senin (4/3).

Kepala Sekolah SD Inpres Yowong, Marsila mengakui tenaga pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam kegiatan belajar mengajar, namun di SD Inpres Yowong masih minim guru.

“Hanya terdapat 3 orang guru yang aktif mengajar di SD Inpres Yowong. Itupun tidak setiap hari mereka dapat mengajar di SD Inpres, kendala jarak yang jauh sekolah dan tempat tinggal membuat kegiatan belajar mengajar tidak setiap hari dilakukan,” ungkap Kepala SD Yowong.

Marsila mengatakan, SD Inpres Yowong mempunyai 6 kelas terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan jumlah murid yang ada sekitar 29 murid. Kegiatan tenaga pendidik yang dilakukan berupa mengajarkan membaca dan menulis bagi para siswa kelas 1 dan memberikan pengajaran ilmu pengetahuan kepada siswa kelas 4 sangat bermanfaat.

“Selain itu, personel Satgas juga memberikan motivasi kepada siswa – siswi untuk semangat dalam belajar,” imbuhnya.

Sementara itu, Serda Sigit menambahkan, pihaknya menjadi tenaga pendidik karena kendala yang ada di SD Inpres Yowong sangat kekurangan guru.

“Kami juga mengajar dan melatihkan baca tulis kepada anak-anak yang masih belum bisa membaca dan menulis serta kami menumbuhkan motivasi dan semangat untuk belajar sehingga dapat meraih masa depan yang bagus,” kata Serda Sigit. (jul/rm)

LEAVE A REPLY