JAYAPURA (PT) – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Papua, meninjau beberapa titik jalan akan diperbaiki dan yang perlu dilebarkan dari wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura hingga Kabupaten Keerom selama dua hari terakhir ini.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Provinsi Papua, Osman Harianto Marbun mengatakan, ruas jalan Jayapura-Sentani ada beberapa titik yang ditinjau, dari tebing yang mengalami longsor hingga pengecekan jalan.

“Saat ini, sedang ditangani beberapa yang mengalami longsor, seperti di tebing daerah Kampung Netar dibuat permanen,” katanya.

Osman mengatakan, sepanjang jalan raya Jayapura-Sentani menjadi perhatian serius, dengan berbagai jenis penanganan untuk mengatasi lereng tebing.

“Ada lima macam penanganan proteksi lereng tebing di sana, dari disemprot semen, hingga pemasangan jaring yang memancing tumbuh-tumbuhan,” ujarnya.

Selain itu, kata Osman, dilakukan pengecekan jalan-jalan yang perlu dilebarkan seperti di depan Batalyon 751 Raider.

“Jalannya lebarnya hanya 5,5 meter sementara seharusnya 7 meter. Jadi nanti yang dilebarkan dari batalyon hingga ujung Kemiri,” katanya.

Diakui, sementara ini masih ada beberapa titik jalan yang diperlebar dan dilakukan pelebaran irigasi yang menyebabkan banjir.

“Seperti perbaikan jalan yang diakbitkan longsor di Abepantai yang akan dipermanenkan dengan ditalud, juga akibat hujan terjadi banjir di daerah Abepantai akan dilakukan pelebaran irigasi ke laut agar tidak tersumbat dan dilakukan pelebaran jalan ditanjakan Nafri yang sempit dan harus diperlebar sebanyak 3 meter dengan panjang 900 meter, sehingga perlu dukungan masyarakat untuk dilakukan pelebaran jalan,” paparnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY