JAYAPURA (PT) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura melakukan pelayanan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) kependudukan pada perekaman Kartu Tanda Penduduk Eletronik (KTP-el) di Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (16/3).

Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli mengatakan pelayanan perekaman KTP-el gratis sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota kepada masyarakat dalam menyukseskan program GISA.

Salah satunya, di Kelurahan Ardipura yang telah ditetapkan melalui SK Wali Kota Jayapura sebagai kelurahan yang tertib kependudukan.

“Sasaran RT 001/RW 9 kami dengan kekuatan penuh merekam dan mencetak di tempat dan langsung memberikan dokumen ke tangan warga,” katanya.

Merlan berharap warga Ardipura mendapat keistimewaan tersendiri untuk perekaman KTP-el, sehingga masyarakat akan merasa bahagia, puas dan senang.

“Selama 1 tahun ini program GISA yang ditetapkan Dispendukcapil masih menargetkan 7 kali lagi perekaman KTP-el,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam program GISI ini, mencakup pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el juga Kartu Identitas Anak (KIA) Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan, program ini sangat penting, apalagi banyak peduduk yang ada, namun belum mempunyai dokumen kependudukan lengkap.

“Program ini muncul agar data identitas administrasi pencatatan penduduk itu tertib. Jadi, GISA ini sangat penting,” ungkapnya usai membuka program GISA.

Wawali Rustan Sarru berharap berikutnya pelayanan perekaman KTP-el pada masing-masing Puskesmas di Kota Jayapura.

“Jika warga yang tidak memiliki identitas lengkap, maka akan dikenakan biaya, ini akan dikeluarkan perdanya oleh Dispendukcapil,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY