JAYAPURA (PT) – Banjir bandang yang terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu malam, bukan karena pembalakan liar sekitar Pegunungan Cagar Alam Cycloop.

Penegasan itu disampaikan oleh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Edward Sembiring kepada pers disela-sela upacara Hari Rimbawan di halaman kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Senin (18/3).

Edwar Sembiring mengatakan, berdasarkan analisa sementara banjir bandang itu terjadi karena hujan lebat di hulu yang menyebabkan tanah tidak mampu lagi menyerap air.

“Sesuai data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika curah hujan dengan intensitas sampai 114 milimeter. Jika dibandingkan dengan hujan di Kota Jayapura sampai terjadi banjir di Pasar Youtefa, itu curah hujan hanya sampai 86 milimeter,” ujar Edward.

Akibat besarnya volume air yang tidak mampu diserap itu, mengakibatkan tanah runtuh dan otomatis kayu termasuk yang berukuran besar tumbang ke arah sungai dan terbawa sampai ke jalan-jalan di wilayah sentani dan sekitarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan analisis terhadap kali Kemiri dan Sere yang tiba – tiba airnya kabur beberapa pekan lalu.
Setelah petugas Polisi Kehutanan bersama masyarakat setempat naik ke hulu untuk mengecek, ternyata ada longsor yang terjadi secara alami, sehingga menutupi daerah aliran sungai.

“Dugaan kami setelah longsor, seperti ada terbentuk tanggul alam, sehingga ketika hujan tanggul itu jebol,” kata Edward.

Lanjutnya, gempa bumi yang dalam sepekan diduga terjadi patahan, akibat dari patahan itu mengakibatkan longsor yang terjadi di banyak titik.

“Kami juga menganalis kejadian gempa terkahir dan kita duga ada patahan dan jalur patahan ada tanggul alam yang rusak,” jelasnya.

Menyinggung akibat banjir karena masyarakat terus membuat kebun di wilayah Pegunungan Cycloop, Edward mengakuinya. Namun, dirinya mengakui banyak warga juga bermukim di kaki gunung.

“Tidak dibenarkan orang membuat kebun di Pegunungan Cycloop, tetapi kita harus melihat dari aspek sosial dan ekonomi,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY