JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dipastikan bakal melantik Bupati Biak Numfor Terpilih, Herry Ario Naap di Kabupaten Biak Numfor, Selasa (19/3).

Pelantikan digelar secara terbuka di Lapangan Cenderawasih, sekitar pukul 11.00 WIT.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH meyakinkan, dengan adanya kegiatan gladi maka dapat dipastikan sudah tak ada lagi kontroversi mengenai waktu dan tempat pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih di Kota Karang itu.

“Memang beberapa kali ada informasi kepada masyarakat Biak bahwa pelantikan dilakukan 11 Maret 2019, berubah ke 15 Maret. Namun, yang pasti karena Pemprov Papua belum terima SK secara fisik dari Mendagri sehingga kami belum bisa melantik,” katanya.

Namun, lanjut Doren, setelah Pemprov Papua menerima SK Mendagri secara fisik, lalu dilakukan gladi kali ini, sehingga ia memastikan kepada seluruh masyarakat Biak bahwa pelantikan bupati terpilih digelar Selasa, 19 Maret 2019.

Setelah resmi dilantik, Doren berpesan kepada kepala daerah setempat dan DPRD untuk mendorong pengisian jabatan wakil bupati yang kosong, sepeninggal almarhum Nehemia Wospakrik.

“Penting sekali untuk proses selanjutnya bagaimana dalam rangka mengisi kekosongan jabatan yang lain, yaitu menyangkut jabatan wakil bupati yang kosong. Saya kira nanti diserahkan kepada mekanisme dewan dan partai pengusung,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe menunjuk Sekda Biak Numfor, Markus Oktovianus Mansnembra, sebagai Pelaksana Harian (Plh) bupati, menggantikan Hery Ario Naap yang habis masa jabatannya pada Rabu (13/3). (rm)

LEAVE A REPLY