JAYAPURA (PT) – Tak hanya sebagai pasukan pengaman perbatasan saja, keberadaan Yonmek 521/DY di perbatasan RI – PNG juga bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan generasi muda yang berintelektual dan berguna bagi bangsa dan negara.

Seperti yang dilakukan oleh Kopda Ramli bersama beberapa personel Pos Komando Utama Satgas Pamtas Yonmek 521/DY di SMK Negeri 1 Sota, Kabupaten Merauke, Senin (18/3).

Kopda Ramli mengatakan, selain pengamanan perbatasan, Satgas berkomitmen untuk membantu dan memberikan solusi kepada masyarakat di wilayah perbatasan ini, terlebih di bidang pendidikan seperti memberikan pengajaran bercocok tanam seperti yang dilakukan kepada para siswa.

“Pengajaran bercocok tanam ini dalam rangka membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat,” terang Kopda Ramli.

Sementara itu, Siswi kelas X, Febriana mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada personel TNI yang sudah datang untuk mengajari mereka bagaimana cara bercocok tanam yang benar.

Saat ini perlu diketahui, sebanyak 450 prajurit Yonmek 521/DY telah disebar di beberapa titik lokasi di sepanjang perbatasan negara di Kabupaten Merauke.

Tidak hanya menjaga perbatasan, Satgas Pamtas Yonmek 521/DY, juga membantu melaksanakan penegakan hukum di bidang lintas batas negara, hingga menggelar sweeping peredaran barang-barang ilegal seperti minuman keras tanpa izin, narkoba dan lain-lain. (jul/rm)

LEAVE A REPLY