JAYAPURA (PT) – Hujan yang terus menerus mengguyur Kota Jayapura selama berhari-hari tidak hanya menyebabkan banjir, namun juga membuat Sungai Tami meluap yang menyebabkan 4 rumah yang berada di Kampung Koya Karang, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura terendam banjir.

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH Pos Skamto yang dipimpin oleh Sertu Andi membantu menyelamatkan beberapa warga yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter bersama-sama dengan tokoh adat Kampung Yowong, Yeskia Ayorbaba dan masyarakat Kampung Koya Karang.

“Ada beberapa keluarga yang terjebak banjir sehingga kami dari Satgas Yonif PR 328/DGH bergerak langsung ke lokasi untuk menyelamatkan mereka. Beruntung semua dapat diselamatkan,” kata Sertu Andi.

Dengan meluapnya Sungai Tami, membuat beberapa warga Kampung Koya Karang mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman.

Menurut Tokoh Adat Kampung Yowong, Yeskia Ayorbaba bahwa wilayah Kampung Koya Karang merupakan daerah yang sering dilanda banjir karena berada di seputaran Sungai Tami.

“Jadi, jika sudah hujan lebih dari 1 hari, sudah pasti wilayah Kampung Koya Karang banjir, apalagi jika Sungai Tami di jembatan Skamto sudah tidak dapat menampung air, sudah pasti air naik hingga banjir,” katanya.

Yeskia mengucapkan terima kasih kepada Personel Satgas yang dengan sigap dan cepat terjun langsung ke daerah banjir untuk menyelamatkan warganya, sehingga tidak terdapat korban jiwa.

“Puji Tuhan warga kami yang terjebak dapat diselamatkan dari banjir karena bantuan anggota Satgas,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY