Bahas Soal Bantuan Banjir Bandang

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH melakukan pertemuan dengan beberapa Bupati untuk membahas bencana banjir di Kabupaten Jayapura yang telah menewaskan puluhan orang masyerakat.

Dalam pertemuan yang dihadiri Bupati Yahukimo, Bupati Puncak Jaya, Bupati Lanny Jaya, Bupati Paniai itu berlangsung di Gedung Negara, Kamis (21/3).

Bupati Yahukimo, Abock Busup kepada wartawan usai melakukan pertemuan mengaku, pertemuan tersebut untuk melakukan koordinasi dengan Gubernur dalam rangka pemberian bantuan korban bencana alam di Kabupaten Jayapura.

“Sebagai bentuk perhatian, kami melakukan koordinasi dengan pak Gubernur. Sebab sebagian bantuan langsung kami serahkan di Kabupaten Jayapura, sebagian kami serahkan ke provinsi, selanjutnya akan disalurkan,” terangnya.

Menurutnya, Gubernur sudah meninjau langsung lokasi bencanan banjir dan ada enam titik posko.

“Tetapi kami dari masing-masing bupati juga langsung memberikan bantuan kepada masyarakat kami yang mengalami musibah. Kami tangani langsung akan tetapi kami tetap memberikan bantuan secara umum,” tandasnya.

Disinggung mengenai besaran bantuan yang diberikan, Bupati Abock mengaku bantuan dari masing-masing kabupaten tidak sama semua.

“Kami juga langsung memberikan bantuan secara tunai kepada masyarakat kami yang selama ini telah berdomisili di Kabupaten Jayapura seperti uang tunai dan Bama diluar bantuan yang diserahkan kepada provinsi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda mengaku, sesuai instruksi dari Gubernur para bupati diminta memberikan bantuan bagi korban banjir bandang.

“Kami tidak mengambil alih tugas, namun ini sebagai aksi kemanusian. Sehingga kami memberikan bantuan langsung kepada masyarakat Puncak Jaya yang selama tinggal di Sentani. Ini diluar bantuan yang kami serahkan langsung ke provinsi. Secara kedinasan sudah ada dan tentunya ini sebagai pedulian kami,” katanya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY