JAYAPURA (PT) – Menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Papua bulan Oktober 2019, cabang olahraga (Cabor) Panahan Papua akan siapkan 10 atlet terbaiknya.

Wakil Ketua Perpani Papua, Hengky F. Sawaki mengatakan, sebanyak 10 atlet itu diambil dari hasil seleksi daerah (Selekda) yang dilakukan oleh Perpani Papua pada bulan Februari 2019.

“Dari hasil selekda itu memperoleh atlet potensial untuk Popnas dan PON yang langsung dipantau oleh pelatih, sehingga untuk Popnas, kami sudah serahkan 10 atlet kepada Disorda Papua yang selanjutkan mengikuti TC,” ungkap Hengky kepada media saat ditemui di Jayapura, Jumat (22/3).

Hengky berharap, cabor panahan di Popnas 2019 bisa meraih hasil yang maksimal. “Kami berharap dalam Popnas nanti Perpani Papua bisa menunjukan keberhasilannya.

Terus terang saja, saat ini belum ada event di daerah dan Selekda kemarin yang kami lakukan merupakan selekda yang pertama,” ujarnya.

Kendati demikian, Hengky bersama dengan pengurus lainnya ingin menorehkan prestasi bagi kontingen Papua pada ajang Popnas maupun PON XX.

“Sudah banyak hal yang kami benahi, terutama mempersiapkan atlet agar bisa berbicara diajang Popnas. Kami tidak muluk-muluk, tapi kami optimis bisa meraih medali. Karena selama ini, Perpani Papua baik pelajar maupun senior belum pernah membawa medali,” katanya.

“Meraih medali saat masih nama Irian Jaya, Panahan di nomor tradisional Panahan sumbangkan 7 medali emas, setelah itu hilang. Sekarang kita coba benahi lagi untuk bisa rubah image Papua ini yang tadinya budaya dan bisa menuju olahraga prestasi,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY