JAYAPURA (PT) – Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Papua menyiapkan sekitar 53 atlet dari seluruh kabupaten/kota untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019.

Pelatih Atletik PASI Papua, Alfred Andarek mengatakan, atlet-atlet yang akan diturunkan pada Popnas Oktober 2019, semuanya saat ini latihan di daerah masing-masing.

“Sejak beberapa bulan lalu, para atlet sudah latihan di daerah masing-masing, ada di Serui, Merauke dan Jayapura,” kata Alfred Andarek kepada pers di Jayapura, Minggu, (31/3).

Menurutnya, untuk cabang atletik, ada empat nomor yang dipertandingkan di Popnas 2019, yakni nomor lari, lempar, tolak dan lompat jauh.

Oleh karena itu, tim pelatih PASI Papua akan melakukan tes terakhir bagi 53 atlet yang sedang mengikuti pemusatan pelatihan berjalan.

“Jadi, bulan Juni kita tes terakhir bagi 53 atlet, yang masuk limit waktu, maka atlet itu akan kita rekomendasikan ke Dinas Olahraga dan Pemuda Papua untuk masuk dalam pemusatan latihan terpusat,” ujarnya.

Diketahui, pada Popnas di Semarang, Jawa Tengah, September 2017, kontingen Papua gagal meraih medali emas. Cabang olahraga andalan Papua seperti Dayung dan Atletik gagal mendulang medali.

Popnas 2017, Papua hanya meraih satu pedali perak dan tiga medali perunggu. Satu medali perak diperoleh dari cabor judo, sementara perunggu dari tolak peluruh, pencat silat dan taekwondo. (lam/rm)

LEAVE A REPLY