JAYAPURA (PT) – Guna meningkatkan antusias warga untuk berbondong -bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua terus melakukan sosialisasi khususnya teknis terkait pemilihan umum di Kota Jayapura, bahkan kini telah menyasar ke perbatasan.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto mengatakan sasaran sosialisasi yang dicapai jelang pemilihan umum daerah pinggiran yang berbatasan dengan Kabupaten Keerom

“Biasanya warga di daerah pinggiran justru susah mendapat informasi cara pencoblosan. Oleh karena jarang didatangi para caleg,” kata Tarwinto disela-sela sosialisasi di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (30/3).

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Komisoner KPU Tarwinto, Sandra Mambrasar selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Papua, Diana Dortea Simbiak selaku Komisioner Program dan Data KPU Provinsi Papua, Rahmi selaki Kasubag KPU Provinsi Papua dan Bobi Awi selaku Sekretaris Distrik Muara Tami.

Dalam sosialisasi yang diikuti lebih dari 100 orang warga ini, lanjut Tarwinto, sosialisasi ini bertujuan agar meningkatkan partisipasi rakyat dalam memilih.

“Agar rakyat bisa menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan benar,” katanya.

Tarwinto menambahkan, ada beberapa poin yang perlu di ketahui warga saat pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami sosialisasikan tanggal pencoblosan, ada 5 warna surat suara serta cara melipat surat suara,” tambah Tarwinto.

Tarwinto berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat jangan sampai golput atau tidak memilih, tetapi harus menggunakan hak pilihnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY