JAYAPURA (PT) – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH meminta masyarakat di Papua tidak Golput atau tidak menyalurkan hak suaranya.

Hal itu disampaikan Gubernur Lukas Enembe, SIP, MH dalam arahannya pada Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilpres dan Pileg di halaman Kantor Gubernur Papua, Jumat (5/4) yang dihadiri Forkompimda, Bupati dan tokoh agama.

“Saya selaku Gubernur Papua sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, tidak menginginkan adanya Golput atau pemboikotan Pilpres dan Pileg di atas Tanah Papua,” tegas Gubernur Lukas Enembe.

Gubernur Enembe mengatakan, Provinsi Papua harus menjadi contoh demokrasi yang bermartabat dan santun dengan penuh damai bagi provinsi lain di Indonesia.

“Jika ada kelompok atau segilintir orang yang ingin melakukan pemboikotan, maka akan ditindak tegas oleh TNI-Polri di Provinsi Papua sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlakuk,” tegas Gubernur Enembe.

Dalam menjaga netralitas, Gubernur Enembe meminta ASN di Papua agar dapat menunjukkan netralitas dan dapat menyalurkan aspirasi politik pada 17 April 2019 dengan mendatangi TPS.

“Tunjukkkan netralitas dan datang ke TPS sesuai hati nurani,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Enembe mengharapkan kepada Bawaslu dan KPU kabupaten/kota sebagai penyelenggara Pemilu agar terus membangun komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi yang baik dalam upaya mensukseskan Pilres dan Pileg sesuai jadwal dan aturan penyelenggaraan Pemilu.

“KPU dan Bawaslu, saudara berpegang pada aturan. Aturan akan membuat anda selamat, jika anda langgar aturan pasti akan ada situasi yang tidak aman di provinsi ini,” tegasnya lagi.

Ditambahkan, sebagai pengawas Pemilu bangun sinergitas dan konektoivitas pengawasan pemilu secara benar, adil dan professional, sementara bagi TNI-Polri dan Satpol PP dimanapun berada diharapkan memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Papua, agar masyarakat menggunakan hak politiknya untuk terlaksananya Pemilu yang aman dan sukses. (ing/rm)

LEAVE A REPLY