Pemprov Papua Juga Akan Bebaskan Lahan Relokasi

JAYAPURA (PT) – Pasca peristiwa banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura yang mengakibatkan ratusan warga kehilangan tempat tinggal dan menelan korban jiwa, Pemerintah akan merelokasi warga di lereng Gunung Cycloop.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH langsung bergerak cepat sesuai perintah Presiden Jokowi yang meminta supaya secepatnya korban banjir direlokasi.

Terkait dengan itu, Gubernur bersama Ketua DPRP, Yunus Wonda menggunakan heli langsung meninjau lahan relokasi tersebut.

Gubernur mengatakan, korban banjir bandang akan direlokasi ke Jalan Trans Jayapura-Wamena.

“Tempat relokasi akan diusahakan pembebesan lahan terlebih dahulu, selanjutnya kita akan memindahkan masyarakat yang saat ini berada di Posko Pengungsian,” kata Gubernur Lukas Enembe, kepada wartawan usai Apel Siaga Gelar Pasukan Pengamanan Pilpres dan Pileg di halaman Kantor Gubernur Papua, Jumat (5/4).

Dikatakan, tempat relokasi tentunya akan dibangun rumah, sekolah, ibadah dan rumah sakit.

Namun, untuk sementara masyarakat akan menggunakan tenda, sebab masyarakat harus segera dipindahkan dari pengungsian.

“Tugas saya melakukan relokasi masyarakat, kemarin saya pantau dari udara tempat relokasi, intinya masyarakat yang ada di Kaki Gunung Cycloop harus tuntas, tidak boleh lagi di Cycloop,” tegasnya.

Sebab, kata Gubernur Enembe, Presiden dalam kunjungannya ke Papua beberapa hari lalu, meminta dua-tiga bulan sudah harus dilakukan relokasi. (ing/rm)

LEAVE A REPLY