JAYAPURA (PT) – Kabupaten Merauke siap membangun infrastuktur penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020.

Bupati Merauke, Fredikus Gebze mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengalokasikan dana Rp 150 miliar dan bantuan Pemprov Papua Rp 50 miliar.

Bupati Gebze mengakui jika persiapan PON XX di Merauke sudah baru mencapai 30 persen. “Kita berharap pembangunan infrastruktur venue dan lain-lain berakhir pada 20 Mei 2020 mendatang yang merupakan momentum Kebangkitan Papua,” kata Bupati Gebze di Jayapura, Jumat (5/4).

Dikatakan, Pemkab Merauke sedang mempersiapkan untuk melakukan pembangunan venue, baik mempersiapkan untuk tender, kontrak dan pelaksanaan sirkut bertaraf nasional di Merauke untuk penyelenggaraan PON.

Selain itu, melakukan rehabilitasi, restrukturisasi dan rekontruksi terhadap Stadion Katalpal, melakukan pembangunan infrastruktur jalan pendukung, mempersiapkan atlet yang bermain di PON, tinju, wushu, sepakbola, voli, atletik dan beberapa cabor fenomenal.

Tidak hanya itu, lanjut Bupati Gebze, Pemkab Merauke sedang melakukan upaya upaya untuk pertunjukan spektakuler dan akan menawarkan kurang lebih 500 sampai 1.000 tifa yang akan dibuat kurang lebih 1 meter lebih.

Menurutnya, tifa itu akan didengungkan, ditoki dan dibawah oleh para atlit, official maupun peserta untuk digaungkan saat upacara pembukaan (pening ceremonial) PON XX di Stadion Papua Bangkit.

“Mudah mudahan dengan 500-1.000 tifa dapat menggetarkan semangat Papua, untuk siap menjadi tuan rumah dan bisa ikut aktif partisipasi dalam PON XX,” kata Bupati.

Sementara itu, terkait persiapan akomodasi, transportasi, konsumsi dan lain-lain, dimana dipastikan sekitar 2.000 atlit dan official PON XX bakal hadir di Merauke, katanya, untuk akomodasi, transportasi, konsumsi, logistik dan hal hal yang mendukung PON pihaknya siap 100 persen.

“Saatnya nanti akan kami lainching dan kami akan mengundang seluruh wartawan lokal maupun nasional, untuk menyaksikan bahwa kita siap melaksanakan PON XX di Merauke,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Kabupaten Merauke adalah salah-satu dari lima (5) cluster penyelenggaraan even olahraga terbesar di Tanah Air itu, selain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Jayawijaya dan Biak Numfor. (lam/rm)

LEAVE A REPLY