Gubernur Papua Gelar Jamuan Makan Malam di Gedung Negara

JAYAPURA (PT) – Guna mempererat hubungan persaudaraan antara Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Pemerintah Provinsi Papua Barat yang dipimpin langsung gubernurnya, Drs Dominggus Mandacan menyambangi Gedung Negara untuk bertemu langsung dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH beserta jajaran Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (5/4) malam.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan, jika tujuan dari kunjungan itu, tidak lain untuk memberikan perhatian bagi masyarakat Kabupaten Jayapura yang terkenda musibah banjir bandang yang beberapa waktu lalu.

“Kita ikut memiliki tanggung jawab membantu saudara-saudara kita, keluarga kita yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Kami telah memberikan bantuan baik dari Pemerintah Provinsi Papua Barat, Wali Kota Sorong dan Bupati Manokwari,” kata Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya.

Gubernur Mandacan menyebut, bentuk bantuan yang diberikan antara lain, bahan makanan, Alkitab dan Al Quran, serta bantuan kelengkapan sekolah, seperti tas, buku dan alat tulis serta bantuan sekolah lainnya.

“Kami juga ikut gerakan menanam pohon Matoa dan pohon Sagu di Kabupaten Jayapura. Kami juga mengikuti kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan Balai Serbaguna Sinode Tanah Papua,” katanya.

Selain itu, lanjut Gubernur Mandacan, tujuan kunjungan Pemprov Papua Barat itu, tidak lain untuk meningkatkan silaturahmi dengan Kaka Tua Provinsi Papua, yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“Dua Gubernur terdahulu yakni Barnabas Suebu (Gubernur Papua) dan Abraham Ataruri (Gubernur Papua Barat) pernah bertemu di Pulau Mansiman dan membuat komitmen “Satu untuk Dua dan Dua untuk Satu” yang mana bermakna Satu Tanah Papua, Dua Pemerintahan, dan Dua Pemerintahan Tetap Satu Tanah, yaitu Tanah Papua, sehingga hubungan persaudaraan ini tetap harus terus kuat terjalin,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH sangat welcome dengan kunjungan Gubernur Papua Barat beserta jajaran Pemprov Papua Barat.

Menurutnya, kebersaman dan persatuan antara orang Papua dari Papua Barat hingga di Papua harus terus terjalin dengan baik.

“Provinsi Papua merupakan Kaka Tua dari Provinsi Papua Barat di Irian Jaya, atau yang sekarang disebut Tanah Papua. Demikian, kebersamaan dan persatuan orang Papua dari Papua Barat hingga Papua harus terus dijaga. Di Tanah Papua ini, kita bersatu, sekalipun kita berbeda secara wilayah administrasi,” kata Gubernur Enembe.

Kedua Gubernur di Tanah Papua ini mengumandangkan semangat kebersamaan untuk bersama-sama menjaga alam Tanah Papua dengan menyebutkan “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”. (rm)

LEAVE A REPLY