JAYAPURA (PT) – Guna menumbuh kembangkan jiwa patriotik dan cinta tanah air kepada generasi muda bangsa, Babinsa Koramil 1709-04/Yapbar Serma Anaklektus Worumi dan Kopda Matris memberikan pembinaan dan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa – siswi SMP Satu Atap dan SD Inpres Kampung Sasawa, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (11/4).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar para generasi muda bangsa memiliki karakter kebangsaan yang kokoh dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan jaman, sehingga nilai – nilai luhur bangsa tidak tergerus oleh arus modernisasi sekarang ini.

Tak dapat dipungkiri, seiring dengan perkembangan teknologi, muda-mudi Indonesia sudah termasuk pecandu gadget. Artinya, para remaja sudah tercemari oleh sekian macam produk teknologi, sehingga nilai – nilai kebangsaan kian luntur dan memudar dari diri mereka. Oleh karenanya, pembekalan wasbang ini sangat perlu bagi generasi muda.

Serma Worumi menyampaikan, sebagai Babinsa mempunyai kewajiban moral terhadap pembinaan kepada generasi muda khususnya setingkat SD dan SMP yang rentan akan pengaruh negatif akibat pergaulan dan modernisasi jaman.

“Untuk itu sangat perlu pemberian dan pemahaman materi wawasan kebangsaan dan bela negara untuk tetap cinta terhadap tanah airnya,” terang Serma Worumi.

Kepala Sekolah SMP Satu Atap Sasawa, Yeri Koromat, SPd mengapresiasi langkah dan upaya Babinsa dalam memberikan materi bela negara, agar para siswa/i ini menjadi remaja yang tumbuh mempunyai sikap cinta terhadap tanah airnya dan rela membela negaranya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY