JAYAPURA (PT) – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Yosua Pandit Sembiring, SIP Pimpin langsung upacara pembukaan pembentukan Bintara TNI AD (Diktukba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Gelombang I TNI AD tahun 2019 di Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Senin (22/4).

Upacara tersebut dihadiri Kasdam XVII/Cenderawasih, Irdam XVII/Cenderawasih, Danrem 172/PWY, Danrindam XVII/Cenderawasih, para Asisten Kasdam dan para Kabalakdam XVII/Cenderawasih.

Sebanyak 1237 orang yang mengikuti upacara pembentukan Bintara TNI AD dan pendidikan pertama Tamtama Gelombang I TNI AD tahun 2019 diantaranya 795 orang siswa Diktukba TNI AD dan 442 orang siswa Dikmata TNI AD gelombang I.

Pangdam menyampaikan selamat kepada para siswa Diktukba dan siswa Dikmata yang telah melewati beberapa tahapan penyeleksian sehingga dapat lulus dan lolos seleksi secara obyektif, ketat dan transparan.

Bahkan kepada para sisiwa agar menjadi Bintara dan Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dengan mengikuti pendidikan dan pembelajaran dasar militer yang senantiasa berpegang teguh pada norma-norma keprajuritan.

“Bagi siswa Diktukba kalian tidak hanya merubah status dari Tamtama menjadi Bintara, melainkan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar terhadap Bangsa dan Negara,” terang Pangdam

Ia juga menambahkan bahwa, siswa Tamtama pendidikan yang akan di hadapi kedepan merupakan pendidikan pertama yang akan membentuk kalian menjadi Tamtama TNI AD yang memiliki jasmani yang prima, memahami dasar militer dan memiliki jiwa Ksatria sebagai prajurit Sapta Marga.

“Saya menghimbau kepada para siswa Diktukba dan Dikmata agar menghindari pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun dalam melaksanakan pendidikan, serta manfaatkan sarana dan prasarana yang ada di lembaga pendidikan ini untuk belajar dan berlatih,” imbuh Pangdam YP Sembiring. (jul)

LEAVE A REPLY