JAYAPURA (PT) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama Dinas Olahraga dan Pemuda Papua melakukan rapat koordinasi teknis persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019 di Papua, yang berlangsung di Hotel Aston Jayapura, Kamis, 2 Mei 2019.

POPNAS merupakan multievent olahraga sebagai ajang evaluasi pembinaan prestasi olahraga di kalangan pelajar setiap 2 tahun sekali sebagai kelanjutan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL).

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin mengatakan bahwa Provinsi Papua sudah sangat siap untuk menyelenggarakan PONPNAS 2019 tersebut.

“Kita Papua sudah siap, panitia terus melakukan kesiapan menyambut kegiatan olahraga pelajar itu. Rapat koordinasi tadi kita membahas tentang bagaimana sinergitas antar akomodasi dan pertandingan. Kita berharap pertandingan di Popnas dan akomodasi itu bisa sejalan begitu pun dengan Paparpenas yang mempertandingan 6 cabang olahraga, jadi kita berharap semua fungsi ini bisa sejalan dengan baik,” paparnya.

Daud Ngabalin mengatakan, direncanakan sebanyak 3.995 atlet dari 34 Provinsi akan diturunkan pada Popnas ke XV, pada bulan Oktober 2019.

“Secara keseluruhan atlet Popnas itu 3.995, pelatih 884, official 319. Jadi, total keseluruhan itu berjumlah 5.198,” ungkap Daud.

Selain itu, dikatakan Daud, kesiapan tiap bidang pun hingga saat ini sudah sangat siap, baik dalam pembiyaan yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Papua dari Kemenpora RI.

“Jika dari sisi kesiapan panitia kita sudah siap, termasuk dengan kegiatan Peparpenas yang menyangkut dengan fasilitas disabilitas, dan semoga dalam waktu dekat bisa disesuaikan dengan baik. Karena ada perlakukan khusus untuk atlet disabilitas berbeda degan atlet lainya,” jelasnya.

Soal peralatan pertandingan, Daud menegaskan bahwa Pemerintah Papua sudah siap untuk melakukan pengadaan peralatan pertandingan.

“Kita akan belanja peralatan dan kita berharap peralatan ini pun bisa dipakai saat PON nanti. Karena biayanya cukup besar, sehingga tidak mubasir,” katanya.

Saat disinggung mengenai dengan atlet Papua, dirinya optimis jika kontingen Papua bisa masuk dalam posisi lima besar, sehingga Disorda Papua saat sudah intens menyiapkan atlet potensialnya dari 20 cabang olahraga.

“Saat ini atlet sedang melakukan persiapan, dan kita akan asah lewat tryout atau uji tanding yang digunakan di Kejurna PPLP, sambil kita mencari agenda nasional sampai bulan Oktober sebelum penyelenggaraan Popnas,” ujarnya.

Sekedar diketahui, 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya Bola Voli Pasir, Bola Basket, Sepak Bola, Tinju, Panahan, Bola Voli, Tenis, Renang, Silat, Judo, Gulat, Karate, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Tarung Derajat, Sepak Takraw.(lam/rm)

LEAVE A REPLY