KEPULAUAN YAPEN (PT) – Sebanyak 135 orang anggota Pramuka yang terdiri dari 24 anggota Pramuka Penegak Saka Wira Kartika dan 114 anggota Pramuka Penggalang dari 3 Gugus Depan binaan Kodim 1709/Yawa melakuian karya bhakti pembersihan Jalan Trans Yapen dari sampah, Minggu, 5 Mei 2019.

Pramuka binaan Kodim 1709/Yawa itu, diantaranya dari Gugus Depan SMPN 2 Serui, SMP Muhammadiyah Serui dan MTS Darussalam Serui beserta Serda Amirudin Abd. Majid Way selaku Pamong Saka Wira Kartika yang diikuti para Pembina Gugus Depan lainnya.

Kegiatan karya bhakti ini dilakukan semata-mata untuk melakukan penanggulangan bencana yang akhir-akhir ini marak terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

“Penanggulangan dilakukan dengan cara mencegah terjadinya pencemaran lingkungan di daerah Yapen ini yang mayoritasnya adalah sampah plastik, untuk itu marilah kita membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dan menghindari membuang sampah sembarangan,” ujar Kasdim 1709/Yawa Mayor Arm Mustafa Lara.

Serda Amirudin Abd. Majid Way yang juga menjabat sebagai Waka Bina Muda Kwarcab 2605 Kepulauan Yapen ini turut mengatakan bahwa Saka Wira Kartika memiliki 5 Krida (Perbuatan/Tindakan), yang salah satunya adalah Krida Penanggulangan Bencana Alam.

“Pembersihan sampah plastik yang sudah sangat menghawatirkan saat ini kita galakkan kepada para anggota Pramuka baik Penggalang dan Penegak, sehingga ke depan nantinya mereka bisa menjadi masyarakat yang peduli akan kebersihan dan kelestarian alam,” ujarnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY