KEEROM (PT) EKKrajurit Satgas Yonif 126/KC melaksanakan bakti sosial dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan cara mencuci tangan kepada anak-anak perbatasan di Kampung Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Minggu, 5 Mei 2019.

Penyuluhan kesehatan tentang cara mencuci tangan yang benar bertujuan untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan memakai sabun kepada anak-anak sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Penyuluhan kesehatan ini dipimpin oleh Dokter Satgas dibantu 2 orang Bintara Kesehatan.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini disambut baik masyarakat dengan kehadiran masyarakat cukup tinggi membawa anaknya.

Bintara Kesehatan Satgas Yonif 126/KC, Serka Fernando Simamora menjelaskan kepada anak-anak cara mencuci tangan yang benar adalah basahi tangan dengan air mengalir yang bersih, menggunakan sabun, gosok telapak tangan bersamaan, gosok jemari dan jempol di sela-sela kemudian bersihkan telapak tangan.

Kegiatan ini, rupanya disambut antusias anak-anak dan mereka langsung mengikuti apa yang disampaikan oleh bintara kesehatan dengan tidak malu-malu maju ke depan untuk mempraktekkan cara mencuci tangan yang telah diajarkan.

Dokter Satgas Yonif 126/KC sebagai koordinator kegiatan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajarkan kepada anak-anak hidup bersih dengan salah satunya bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

“Perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai dari kebiasaan mencuci tangan, dengan mencuci tangan yang bersih dapat mengurangi terjadinya penularan penyakit,” ujar Dokter.

Selanjutnya, Ibu Natalia yang membawa anaknya mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 126/KC yang telah mengajarkan anak-anak cara mencuci tabgan yang benar sehingga dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di lain tempat, Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf. Mulyo Junaidi menyampaikan penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang perlu dijaga dan dilindungi kesehatannya.

“Semoga dengan dilaksanakan penyuluhan ini dapat memberi contoh kepada anak, bahwa setiap hari diwajibkan mencuci tangan demi menjaga kesehatan,” ujarnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY