JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan renovasi terhadap Stadion Mandala Jayapura, dalam waktu dekat ini.

Alokasi anggaran pun sudah dianggarkan dalam APBD 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua, Gerius One Yoman menegaskan, sejumlah rencana perbaikan sudah dibahas dan bulan depan sudah dilakukan perbaikan.

“Kita renovasi secara keseluruhan, mulai dari drainase lapangan, rumput, kursi, pagar saluran air bersih dan beberapa item lainnya. Kita perbaiki semua agar Stadion Mandala ini bagus tidak kalah dengan stadion lainnya,” bebernya kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

Tidak hanya itu, kata Gerius Yoman, lampu Stadion Mandala juga diperbaiki sehingga sesuai dengan standar dari AFC.

“Semua fasilitas yang rusak di dalam stadion kita renovasi. Semua ini kita lakukan untuk kepentingan Pekan Olahraga Nasional dan tentu untuk Persipura juga,” ujarnya.

Dengan adanya perbaikan ini, lanjutnya, home base Persipura akan semakin bagus, tidak kalah dengan stadion klub liga 1 lainnya.

“Bulan depan itu kami sudah tutup untuk umum, sehingga kami imbau kepada semua pihak yang selama ini menggunakan Stadion Mandala untuk berolahraga, agar bisa olahraga di tempat lain,” ujarnya.

Lanjutnya, proses renovasi pun tidak lama, awal tahun depan Persipura sudah bisa menggunakan Stadion Mandala Jayapura.

“Kita perkirakan awal tahun depan sudah rampung, karena yang lama pasti di perbaikan rumput dan masa pemeliharaan, masyarakat juga perlu mendukung program pemerintah dalam rangka pendukung pelaksanaan PON di Papua,” pungkasnya.

Ditambahkan, masyarakat adat juga perlu mendukung program renovasi stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jayapura ini.

“Tentu kita semua cinta Persipura dan ingin bertanding di rumah sendiri. Tapi disisi lain, stadion ini kita perlu renovasi untuk kepentingan PON dan selanjutnya nanti Persipura yang gunakan, karena PON ini hanya sekali di Papua dan kita akan menunggu puluhan tahun lagi untuk menjadi tuan rumah,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY