JAYAPURA (PT) – Balai Besar Pengawas Makanan dan Obatan (BBPOM) Jayapura melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk pengawasan makanan dan minuman terutama takjil di beberapa pasar di Kota Jayapura, Kamis (16/5).

Kepala Bidang Penindakan BBPOM Jayapura, Buyung mengatakan, sidak itu yang dilakukan itu, dalam rangka pengawasan makanan takjil yang dijual selama bulan suci Ramadhan.

“Kita periksa dan menguji apakah ada mengandung bahan berbahaya atau tidak? Atau mengunakan bahan tambahan pangan yang dilarang,” katanya.

Diakui, dari hasil sidak di sejumlah tempat penjualan takjil di Kota Jayapura itu, dari hasil pemeriksaan masih dikategorikan masih aman, belum ada ditemukan bahan tambahan pangan yang berbahaya di makanan Takjil yang dijual.

“Sidak kami lakukan di semua pasar, tempat jual takjil di jalanan sudah semua, baik juga di daerah juga sudah dilakukan juga,” ujarnya.

Ia menambahkan, BBPOM Jayapura akan terus melakuka sidak pemantauan makanan hingga minggu terakhir bulan Ramadhan.

“Nanti minggu depan kita lakukan di Nabire, Dogiay, Paniai, Serui dan Deyai. Untuk yang sudah dilakukan, Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Keerom dan semuanya belum ada temuan pengunaan berbahaya,” ungkapnya.

Selain itu, imbuhnya, BBPOM terus melakukan pengawasan obat dan makanan secara rutin, bahkan dilakukan setiap bulan. (ai/rm)

LEAVE A REPLY