MARYLAND (PT) – Pelajar Papua kembali mengukir prestasi membanggakan di Amerika.

Adalah Marike Agustin Tenawe, siswi asal Papua berhasil lulus sebagai juara umum pertama (Valedictorian) di West Nottingham Academy (WNA) Colora Maryland Amerika Serikat.

Atas keberhasilannya itu, Marike diberikan kesempatan membawakan pidato tunggal mewakili seluruh siswa pada acara kelulusan yang berlangsung di aula West Nottingham Academy, Sabtu, 18 Mei 2019.

“Saya lulus sebagai juara umum pertama (Valedictorian), sedangkan juara umum yang kedua (Saludictorian) ada dua orang yakni dari China dan Amerika. Saya juga diberikan kesempatan membawakan pidato mewakili semua pelajar,” ungkap Marike Tenawe, Rabu, 22 Mei 2019.

Selain Marike Tenawe, terdapat 11 pelajar asal Papua yang juga lulus dari West Nottingham Academy (WNA).

Mereka adalah Aprilia Burdam, Bone Atek, Pince Gombo, Elvine Mote, Vincensius Pekei, Vannar Krey, Valentine Talenggen, Ice Selegani, Golda Wihyawari, Lia Weya, dan Mendison Wonda.

Dari 12 pelajar tersebut, 3 orang mendapat beasiswa dari Pemerintah Amerika Serikat untuk melanjutkan kuliah di University Of Rhode Island yakni Marike Agustin Tenawe berasal dari Mimika dengan IPK terakhir 4.00 diterima sebagai mahasiswi University of Rhode Island jurusan Ocean Engineering.

Kemudian, Vannar Krey asal Biak dengan IPK terakhir 3,71 jurusan Ocean Engineering (Teknik Kelautan) dan Golda Meir A Wihyawari asal Serui jurusan Fishery, Animal dan Veterany Science (Ilmu Perikanan).

Sedangkan 9 pelajar lainnya juga diterima di sejumlah universitas di Amerika yakni Aprilia Burdam dan Ice Selegani melanjutkan studi ke Oregon State University.

Kemudian Pince Gombo, Lia Weya, Valentine Talenggen dan Vincensius Pekei melanjutkan studi ke Washington State University.

Berikutnya, Mendison Wonda dan Bone Atek melanjutkan ke Marshall University. Dan Elvine Mote melanjutkan ke Universitas Tarumanegara.

Dalam pidatonya, Marike mengemukakan bahwa keberhasilan yang diraihnya bersama teman-temannya asal Papua merupakan hadiah dari Tuhan Jesus. Prestasi ini juga membuktikan bahwa anak-anak asli Papua mampu bersaing dengan anak-anak lainnya dari berbagai negara di dunia.

“Saya dari kecil bercita-cita sekolah keluar negeri dan Tuhan wujudkan itu lewat Pemerintah Provinsi Papua yang mengirim kami dan memberikan beasiswa untuk sekolah di Amerika,” kata Marike.

Marike juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemeirntah Provinsi (Pemprov) Papua yang telah mensupport dan memberikan beasiswa sehingga mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

“Atas nama pribadi dan teman-teman, saya sampaikan terima kasih kepada bapak Gubernur Enembe yang memperhatikan pendidikan kami dan juga kepada masyarakat Papua yang mendukung kami dalam doa,” imbuh Marike.

Marike Agustin Tenawe dan 11 pelajar asli Papua dikirim Pemprov Papua sekolah di Amerika Serikat dengan beasiswa Otsus Papua.

Mereka dikirim pada tahuin 2016 dan menyelesaikan studi pada tahun ini (2019).

“Kita semua dapat beasiswa yang sama dar Beasiswa Otsus. Kami dikirim belajar ke Manadi selama 11 bulan kemudian dikirim ke USA tahun 2016 masuk sekolah di West Nottingham Academy dan baru sekarang lulus tahun 2019,” pungkasnya. (ans/rm)

LEAVE A REPLY