JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan pembangunan Terminal Tipe B Batas Kota Jayapura, tepatnya di Kelurahan Waena, Distrik Heram yang dibangun sejak beberapa tahun sebelumnya diitargetkan rampung akhir tahun 2019.

Kepala Dinas Perhubungan Papua, Reky Ambrauw mengatakan, terminal Batas Kota tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2016 bahwa Terminal yang masuk dalam kategori Tipe B itu kewenangan pembangunan dan pengelolaannya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Papua.

Oleh karena itu, kata Kadishub Papua Reky Ambrauw, proses penyelesaiannya pembangunan terminal tersebut sudah masuk tahap akhir.

“Jadi, masih dalam proses lelang, kalau sudah ada pemenang lelang, harapan kami pembangunannya bisa selesai tepat waktu,” ujar Reky Ambrauw kepada pers di Jayapura, Selasa, (11/6).

Selain itu, kata Reky Ambrauw, terminal ini akan menunjang kegiatan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, sehingga terminal ini menjadi fokus utama dari Dinas Perhubungan untuk diselesaikan dalam tahun ini.

“Kita selesaikan tahun ini, jika sudah ada pemenang lelang, maka proses pekerjaan langsung dilakukan dan saya akan kontrol langsung ke lapangan,” tegasnya.

Reky menambahkan, pembangunan Terminal Tipe B akan dilakukan sesuai desain yang sudah ada. “Kami optimistis bisa selesaikan, mengingat terminal ini sangat strategis karena berada di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Reky Ambrauw berharap terminal ini bisa menertibkan angkutan darat, karena saat ini Museum Expo Waena dijadikan terminal bayangan, sehingga menyebabkan kemacetan.

“Kami lihat terminal bayangan yang digunakan berada tepat di depan Museum, sehingga kita harapkan terminal tipe B ini bisa mengakomodir angkutan darat yang menggunakan terminal bayangan tersebut,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY