JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH akan  mencanangkan pemusatan latihan atau Training Center (TC) persiapan menuju PON XX tahun 2020 di Papua.

 

Pencanangan itu, rencananya dilakukan dalam waktu dekat.

 

Meski demikian, program TC sudah berjalan sejak bulan Januari 2019.

 

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan, target pencanangan TC itu bulan Mei 2019, tetapi pihaknya menyesuaikan waktu dengan Ketua Umum yang juga selaku Gubernur Papua.

 

“Untuk pencanangan akan kita atur waktunya ketika ketua umum ada di tempat, tetapi program pemusatan latihan berjalan terus,” kata kepada pers usai melakukan pertemuan dengan pengurus cabang olahraga di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis, (13/6).

 

Kenius mengaku, pencanangan TC itu hanya acara seremonial, yang terpenting bagaimana program dari masing-masing cabang olahraga itu berjalan dan mempersiapkan atlet untuk menghadapi PON Papua.

 

“Saat ini kita sudah masuk pada tahap periodisasi umum, dan akan masuk dalam tahapan khusus,” ujarnya.

 

Dikatakan, sebelum masuk dalam pemusatan latihan berjalan, KONI Papua sudah melakukan tes fisik untuk semua atlet Papua yang lolos ke PON. Dengan begitu, TC PON ini dilakukan lebih lebih sebagai langkah persiapan menuju PON 2020 Papua.

 

“Kami berharap dengan pemusatan latihan yang sudah berjalan selama enam bulan ini diharapkan seluruh cabang olahraga nantinya mampu untuk menorehkan prestasi yang jauh lebih baik di PON 2020,” kata Kenius.

 

Dalam rapat KONI itu, seluruh pengurus dari 47 cabang olahraga nyatakan siap untuk mengikuti TC terpusat, bahkan mereka minta kepada KONI untuk secepatnya melakukan pengadaan peralatan, karena para atlet hingga saat ini masih latihan dengan peralatan bekas PON sebelumnya.

 

“Kita hingga saat ini masih latihan dengan eks peralatan PON Riau,” ungkap salah satu pelatih volly pasir. (lam/rm)

LEAVE A REPLY