JAYAPURA (PT) – Ketua Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi Papua (Puslatprov) Papua yang juga Kasdam XVII/Cenderawasih Brigadir Jendral TNI Irham Waroihan melakukan rapat dengan KONI Papua, Pengurus Cabang Olahraga terkait pelaksaan Training Center atau Pelatihan Terpusat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

 

Rapat yang berlansung di salah satu hotel di Kota Jayapura, Irham Waroihan, berharap atlet yang akan masuk dalam program TC terpusat adalah atlet terbaik Papua yang siap memberikan medali bagi Papua pada PON XX di Papua.

 

“Saya minta KONI untuk verifikasi ulang lagi atlet, karena saya ingin atlet yang diproyeksikan dapat menyumbangkan medali emas di PON nanti,” tegasnya kepada wartawan usai pertemuan.

 

Kasdam Irham Wairohan menegaskan, tujuan Puslatprov ini bukan lagi membina, tapi kita menargetkan prestasi, jadi bukan tugasnya lagi Puslatprov untuk membina atlet-atlet, tapi bagaimana meningkatkan kualitas atlet yang memiliki kans medali emas itu yang dikejar, sementara untuk pembinaan itu tugasnya pengprov.

 

“Jadi, tugas kami di Puslatprov bukan lagi membina, tapi bagaimana kita siapkan atlet untuk merebut medali emas,” tegasnya lagi.

 

Sementara soal venue penempatan TC terpusat, Kasdam Irham Wairohan mengembalikan hal itu kepada masing-masing cabor untuk menentukan tempat TC terpusat.

 

“Untuk tempat kita serahkan ke Pengprov meraka maunya dimana meski yang memutuskan itu kita. Seperti cabor yang ingin di Jakarta karena keterbatasan sara dan prasarana tapi kita akan kembalikan ke venue aslinya dalam 3 bulan sebelum pertandingan yang sesungguhnya,” ungkapnya.

 

Mantan Dandim Jayapura ini menambahkan, cabang olahraga proyeksi PON itu juga dapat menggunakan fasilatas TNI/Polri selama TC terpusat baik di Papua maupun di luar Papua.

 

“Nanti kalau sudah jalan fungsi dari puslatprov juga pengawasan bahkan memang saya menghendaki jika kita TC diluar kita bisa titipkan di tempat pendidikan TNI/Polri dan itu akan lebih aman, dan kemudian soal makan dan gisi mereka sudah ahlinya dan soal fasiitas disana juga semua ada,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY